Home News Ustadz Adi Hidayat Angkat Bicara Terkait Haji 2021 Batal, Ini Katanya

Ustadz Adi Hidayat Angkat Bicara Terkait Haji 2021 Batal, Ini Katanya

Akhirnya Ustadz kondang Adi hidayat memberikan tanggapannya terkait calon jamaah haji yang harus urung berangkat ke tanah suci tahun ini.

Ia menuturkan, Para jamaah harus tetap sabar dan berserah diri apapun keputusan pemerintah Indonesia.

“Mengajak masyarakat, calon jamaah haji yang sejatinya berangkat tahun ini, untuk berlapang dada dan bertawakal kepada Allah.

Pasti ada hasil terbaik dari keputusan saat ini,” ungkap UAH dalam keterangan tertulis, Minggu (6/6/2021).

Kementerian Agama telah resmi mengumumkan, pemberangkatan haji tahun 2021 batal terlaksana terkait problem virus Corona (Covid-19) belum membaik.

Ibadah Haji 2021 juga batal lantaran pemerintah Arab Saudi belum melayangkan kepastian pelaksanaan haji bagi calon jamaah Indonesia dan persiapan teknis.

“Mengajak masyarakat bersikap bijak melihat suatu persoalan, tidak berdasarkan rasa suka atau tidak suka pada satu kelompok atau individu,” tutur UAH.

Ustad kondang itu mengajukan pendapat kepada Kementerian Agama untuk memberikan klarifikasi secara detail dan lugas untuk mengantisipasi kebingungan masyarakat.

“Kemenag bisa meminta fatwa kepada Majelis Ulama Indonesia, berkomunikasi dengan Dubes Arab Saudi, dan menjalin dialog dengan pihak-pihak terkait.

Jika sudah, mudah-mudahan bisa dikomunikasikan secara lebih baik kepada masyarakat secara luas,” ujar UAH.

Sementara itu, pemerintah Indonesia telah melayangkan keputusan, pada tahun ini calon jamaah haji 2021 tidak akan melaksanakan haji.

Hal tersebut tertera dalam Keputusan Menag Nomor 660 Tahun 2021 tentang Pembatalan Ibadah Haji Tahun 1442 H.

Selain itu, calon jamaah haji tanah air tidak berangkat demi kesalamatan dan keamananan bersama, “pungkas Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Mengingat kasus harian di tanah air Indonesia pada 26-31 Mei rata-rata masih di atas angka 5.000 kasus.

Ia mengatakan, kesehatan para calon jamaah merupakan hal yang paling penting terlebih lagi Corona Virus masih menjadi momok yang menakutkan di seluruh dunia.

Exit mobile version