Potret Kehidupan di Sungai Musi Palembang

Sungai Musi-Musi River Palembang

Sungai musi Palembang memang menjadi sumber kehidupan yang sangat berperan penting bagi Masyarakat Sumatera Selatan. Sejak ratusan tahun lalu Sungai Musi menjadi jalur utama transportasi air yang menghubungkan setiap kabupaten yang ada di Sumatera Selatan. Hingga kini banyak sekali aktivitas pengiriman barang melalui jalur sungai musi, seperti, kayu, batubara, pasir, minyak dan berbagai kebutuhan pokok lainnya. Serta menjadi jalur transportasi air untuk berbelanja dari beberapa desa seperti Jalur, Selapan, Sungai Liat dan beberapa daerah pinggiran sungai lainnya.

Potret kehidupan Sungai Musi bisa kita lihat dari beberapa foto yang sudah dirangkum dipalembang.com

Jalur Transportasi Perdagangan

Sungai Musi menjadi jalur utama Transportasi pengiriman barang perdagangan dari beberapa Provinsi dan Negara, Terdapat Puluhan Kapan Besar yang biasanya berada di sungai Musi Palembang. Termasuk Kapal-Kapal Tangker Minyak.

Kapal Besar di Sungai Musi
Kapal Minyak di Dermaga Pusi Palembang

Taksi Air Perahu Ketek dan Speed Boat

Meskipun perkembangan alat transportasi di kota Palembang sudah sangat Pesar seperti adanya jalan tol dan Jalur LRT ternyata tidak mengurangi keinginan masyarakat Palembang menggunakan transportasi air yaitu perahu ketek dan speed boat ke berbagai daerah yang ada di Sumatera Selatan. Tradisi ini memang sudah turun temurun dari ratusan tahun lalu.

Aktivitas Msyarakat di Sungai Musi untuk naik Kapal dan Perahu Ketek
Kegiatan Bongkar Muat Barang di Dermaga 16 Ilir Palembang

POM Bensin Mengapung Sungai Musi

Pon Bensin Mengapung
Rumah Rakit dan Tempat Makan di Sungai Musi

Warung Makan Mengapung Sungai Musi

Apa rasanya makan diatas Sungai Musi, sensasi ini bisa dengan mudah Anda rasakan jika datang ke Kota ini. Terdapat banyak tempat makan dan warung diatas sungai Musi. Tempat makan ini menggunakan Kapal atau Perahu Ketek yang di desain menjadi rumah makan mengapung.

Warung Mengapung di SUngai Musi Palembang
Warung Mengapung di SUngai Musi Palembang

Kapal Tongkang “BIS Air”

Kapal Tongkang Besar Palembang Penuh Warna Warni
kapal-tongkang-perahu-ketek-palembang

Kapal Tongkang warna-warni ini sama halnya dengan Bis Air yang dapat menampung orang dan muatan barang lebih banyak, biasanya jarak perjanannya juga lebih jauh dibanding perahu ketek berukuran kecil, Tongkang ini biasanya berisi berbagai bahan yang dagangan yang dikirim dari berbagai daerah di Sumatera Selatan.

Kapal-Kapal Besar “Parkir”

Kapal-Kapal yang Bersandar di Sungai Musi
Kapal-Kapal Batubara Palembang

Inilah Potret unik ketika kapal-kapal besar tengah bersandar di Sungai musi untuk menunggu aktivitas bongkar muat barang, biasanya kapal-kapal ini menurunkan jangkarnya di area yang agak jauh dari kota dan tidak jauh dari dermaga. Kapal-kapal inipun sangat beragam keperluannya.

Objek Wisata Sungai Musi

Benteng Kuto Besak yang berada persis di pinggiran sungai Musi
Kampung Arab Al Munawar merupakan Objek wisata di pinggiran sungai musi

Sungai Musi juga menajdi objek wisata yang di Palembang, terdapat sangat banyak objek wisata yang ada di Sungai Musi, seperti Pulau Kemaro, Kampung Al Munawar, Plaza Benteng Kuto Besak, Kampung Kapitan.

Rumah Rakit Tempat Tinggal Mengapung

Rumah Limas Rakit yang mengapung di sungai Musi
Rumah Rakit Palembang

Rumah Rakit merupakan rumah yang mengapung diatas sungai Musi. Rumah sakit dibuat menggunakan kayu, dibagian bawah terdapat ratusan bambu untuk membuat rumah mengambang. Rumah rakit ini sangat banyak kita temukan dipinggiran sungai Musi Palembang.

Advertisement

Apa Ini?

UPDATE COVID-19