Jumat, 24 September, 2021

Sejarah Rumah Limas Adat Palembang

Jasa Pembuatan Website Palembang
Rumah Adat Khas Palembang (Rumah Limas)

Rumah Limas atau rumah Bari merupakan salah satu peninggalan kebudayaan dari Kerajaan Sriwijaya yang mulai dikenal masyarakat sebagai rumah tradisional sejak zaman Kesultanan Palembang. Rumah yang sarat dengan benda-benda bersejarah dan filosofi ini masih kokoh berdiri dan terpelihara dengan baik di kawasan Museum Balaputradewa Palembang Sumatera Selatan.

Rumah limas juga menjadi icon Kota Palembang sebagai salah satu bentuk kearifan lokal yang bertahan hingga saat ini, nama limas pada desain rumah adat ini berasal dari bentuk atapnya yang menyerupai piramida terpenggal atau limasan.

Selain keindahan dan kemegahan bangunan sejumlah kegiatan dan tradisi yang kental akan nilai budaya sebagai pedoman hidup masyarakat Palembang juga menjadi bagian menarik dari rumah Dimas ini Rumah Limas berbentuk persegi panjang berdiri di atas tiang kayu atau kulit memiliki luas mencapai 1000 meter persegi.

Rumah tradisional ini berisi beragam perlengkapan layaknya rumah bangsawan zaman bulu seperti tempat tidur serta sejumlah peralatan pernikahan berupa timbang tangan calon pengantin dengan kitab suci.

Rumah Limas saat ini masih menjadi salah satu pusat pariwisata yang sering dikunjungi, Rumah ada Khas Palembang ini yang sudah pada pada sejak 1835 dibangun pada tahun 1830. Pemiliknya Bernama Pangeran Syarif Abdurrahman al-habsyi berkebangsaan Arab, menurut data sejarah rumah ini sudah tiga kali berpindah. Rumah Limas semakin terkenal ketika dicetak pada uang lembaran Rp 10.000 keluaran tahun 2005.

Rumah adat Palembang, Tertera pada uang lembaran Rp. 10.000

Rumah Bari istilah lain orang Palembang menyebutnya, Rumah Bari yang berarti Rumah Lama,
Ketika anda datang berkunjung ke rumah limas bisa Anda lihat dari bagian luarnya aja sudah tergambar betapa tingginya nilai historis yang ada, arsitektur dengan atapnya berbentuk unik, bagian atas ada makna makna simbolis berbentuk tanduk.

Rumah Limas juga disebut rumah panggung karena di bagian bawah Rumah Limas terdapat kolong rumah Rumah Limas ini memiliki teras yang bertingkat-tingkat atau disebut dengan kijing ternyata tingkatan teras tersebut merupakan simbol untuk memisahkan kelompok keturunan kaum bangsawan seperti ke Masagus, Kiagus dan terakhir golongan Raden.

Makna dari tanduk yang terdiri dari 5 dan 4 ini memaknai, 5 memiliki arti rukun Islam sedangkan 4 sahabat nabi, bagian tanduk juga disebut namanya juga Simbar tanduk, pada bagian lantai terdapat ciri khas lantainya yang bertingkat istilah Palembang itu bengkilas kemudian ada yang istilah kijing yang membatasi bagian bengkilas satu dan bengkilas dua. Rumah limas ini dalam panduan sejarahnya digunakan untuk mengadakan kegiatan-kegiatan besar karena pada masa itu pemiliknya juga seorang pangeran.

REKOMENDASI

Sudah Tau 3 Rumah Adat Palembang ini?

Rumah adat sangat penting bagi msayarakat Palembang, Rumah didirikan bukan hanya sekedar tempat...

Rumah Adat Palembang (Rumah Limas)

Sejarah Rumah Limas Adat PalembangRumah Limas Bari Bayumi Wahab Palembang Alamat Rumah Limas Palembang https://dipalembang.com/sejarah-rumah-limas-adat-palembang/ https://dipalembang.com/rumah-limas-bari-bayumi-wahab-palembang/

Rumah Limas Bari Bayumi Wahab Palembang

Kota Palembang memang menjadi salah satu kota yang paling banyak wisata yang bersejarah,...

TERKAIT

4 Museum yang Ada di Palembang – Berikut Ulasannya

Adanya museum merupakan sebuah gambaran banyaknya sejarah yang terdapat di Provinsi Sumatera Selatan...

Museum Balaputra Dewa: Berikut Daftar Arca Didalamnya

Museum Balaputra Dewa yang berada di Palembang, Museum ini menyimpan berbagai benda-benda bersejarah...

Pohon Cinta Pulau Kemaro, Mitos yang Banyak Dipercaya

Pohon Cinta Pulau Kemaro merupakan salah satu Pohon yang berada di Pulau Kemaro,...

Peninggalan Palembang di Museum Sultan Mahmud Badaruddin 2

Museum Sultan Mahmud Badaruddin 2 Palembang Menjadi ruang sejarah yang dapat kita lihat...

Mengenal Tugu Parameswara Jakabaring Palembang

Jika Berkunjung ke Kota Palembang dan menuju Kompleks Olahraga Jakabaring Sport City Anda...

Melihat Sejarah Kampung Kapitan Palembang

Kampung Kapitan Merupakan kawasan permukiman yang didirikan tahun 1644 oleh seorang kapiten, terdapat...
- Advertisement -eyJwaG9uZSI6Ikphc2EgUGVtYnVhdGFuIFdlYnNpdGUgUGFsZW1iYW5nIn0=