Rumah Rakit Palembang – Melihat Sejarah dan Keunikannya

Rumah Rakit Palembang

Rumah Rakit merupakan rumah mengapung yang berada disungai musi. Dibagian bawah rumah terdapat bambu yang disusun dan diikat, sehingga rumah dapat mengambang. Rumah rakit sudah ada ratusan tahun lalu sejak masa klonial belanda dan zaman Palembang Darusalam. Warga pendatang etnis Tionghoa ketika itu hanya diperbolehkan tinggal disungai musi, kemudian banyak pendatang membangun rumah terapung, hingga menjadi tradisi hingga saat ini. Budaya ini terus menerus dilestarikan karena bagian dari karakter dan sejarah kota Palembang.

Rumah Rakit tidak hanya dijadikan sebagai tempat tinggal saja, ada juga yang menjadikannya sebagai tempat berbisnis. maka jangan heran jika di Palembang terdapat rumah makan dan pom bensin terapung. Sungai Musi memang menjadi salah satu destinasi isata Air yang ada di Kota Palembang yang terkenal hingga mancanegara. Bukan hanya arga lokal yang tertarik dengan kehidupan yang berada dipinggiran sungai Musi, Masyarakat luar daerah juga melihat ini adalah sebuah keistimeaan tersendiri.

Rumah Rakit Palembang

Jika rumah dengan tiang-tiang yang tertanam pada pinggiran sungai sedikit demi sedikit menghilang, tidak begitu dengan rumah rakit ini. Hingga kini jika Anda berkunjung ke Sungai Musi dan melakukan traveling menggunakan perahu ketek atau speed Boat. Anda akan melihat rumah rumah rakit yang berada disungai Musi. Dikawasan 13 Ulu Palembang masih rumah rakit yang berfungsi sebagai tempat menjual bahan bakar minyak.

Rumah rakit umumnya memiliki dua buah pintu yang mengarah ke bagian darat dan bagian sungai. Agar rumah tidak bergeser disetiap sudut rumah terpasang dipasangkan sanggahan yang ditancapkan pada dasar sungai. Rumah-rumah rakit ini sendiri menjadi rumah Pribadi yang hingga kini masih sangat banyak.

Rumah Rakit Khas Palembang

Bagi Wisatawan yang datang ke Palembang rumah-rumah ini menjadi daya tarik tersendiri, mengingat tidak ada daerah yang memiliki keunikan semacam ini. Bahkan ada rumah adat limas khas Sumatera Selatan yang sengaja dibangun mengapung sebagai rumah rakit yang kini menjadi sorotan wisatawan. Walaupun tidak terlihat secara detail Anda juga dapat melihat rumah-rumah limas dari atas Jembatan Ampera .

Jika Anda Liburan ke Palembang sebaiknya sempatkan untuk berwisata sungai Musi.

Advertisement

Apa Ini?

UPDATE COVID-19