Kamis, 23 September, 2021

Rumah Limas Bari Bayumi Wahab Palembang

Jasa Pembuatan Website Palembang

Kota Palembang memang menjadi salah satu kota yang paling banyak wisata yang bersejarah, selain terkenal dengan makanannya, Palembang memang dikenal kota yang penuh cagar budaya, salah satu peninggalan Palembang Darusalam adalah Rumah Limas, Rumah limas adalah rumah adat khas Palembang yang hingga kini masih terjaga kelestariannya, dalam sejarahnya Rumah Limas ini pertama kali di buat di Tadjung Sedrajo Indralaya, setelah itu Rumah Bari ini di pindahkan ke jalan Mayor Ruslan kota Palembang dengan menggunakan kapal pesiar.

Baca : Rumah Limas Palembang yang Ada di Museum Balaputera

Bagi sebagian orang rumah Limas Palembang hanya ada di Museum Balaputradewa yang sempat dicetak pada uang lembaran Sepuluh Ribu, namun ternyata rumah limas itu bukanlah rumah limas tertua yang ada di Kota Palembang, Rumah limas yang pertama kali dibuat berada di Ilir Timur I kota Palembang. Rumah limas ini lebih sering disebut rumah Limas H. Bayumi atau rumah Bari.

Rumah Limas merupakan rumah tradisional Palembang. Selain ditandai dengan atapnya yang berbentuk limas, rumah tradisional ini memiliki lantai bertingkat tingkat yang disebut Bengkilas dan hanya dipergunakan untuk kepentingan keluarga seperti hajatan. Para tamu biasanya diterima diteras atau lantai kedua. Biasanya luas rumah limas berkisar 400 sampai 1000 meter persegi atau lebih, bahan kayunya tidaklah sembarangan, melainkan kayu pilihan yaitu kayu unglen atau ulin yang kuat dan tanah air, sebagai tiang-tiang penyangga rumah.

Berbeda dibagian bawah Rumah Limas yang ada di Dekat Universitas IBa ini sudah dimodifikasi dengan beton, biasanya pada rumah Limas ditempat lain, bagian bawahnya masih bertiang kayu, bukan untuk mengurangi nilai budayanya, namun untuk memperkuat pondasi bangunan saja, dibagian dinding, pintu dan jendela umumnya dibuat menggunakan kayu tembesu.

Sedang bagian rangka umumnya menggunakan kayu seru, hal yang paling mencolok adalah desainnya yang penuh ukiran, sebagai salah satu karakter utama rumah limas dengan jendela yang sangat banyak, dibagian luar, rumah Limas Bari bentuk atau Rumah Limas memanjang yang melambangkan status sosial sang pemilik rumah. Pemilik rumah Limas Bari ini biasanya merupakan seorang keturunan sultan.

Bentuk Atap yang berudak-undak selalu menjadi ciri khas rumah limas, Dibagian depan terdapat pagar pembatas dari kayu, filosofinya adalah batasan ketika anak perempuan hendak keluar rumah. ketika kita hendak memasuki bagian dalam rumah ini, yaitu pintu masuk rumah Limas. Pintu rumah limas mempunyai corak yang khas yaitu warna coklat keemasan untuk memberikan kesan mewah dan elegan.

Pada Bagian dalam rumah Limas tampak sebuah ruangan lebar dan besar, ruangan itu disebut kejijing, ruangan yang digunakan untuk tempat berkumpul keluarga yang juga sebagai penanda tingkatan-tingkatan yang ada di dalam rumah, tingkatan tersebut melambangkan perbedaan kasta-kasta di setiap anggota keluarga.

REKOMENDASI

Masjid Bayumi Indralaya Ogan Ilir

Masjid selain menjadi tempat ibadah juga dapat menjadi salah satu Objek Wisata Religi....

Rumah Adat Palembang (Rumah Limas)

Sejarah Rumah Limas Adat PalembangRumah Limas Bari Bayumi Wahab Palembang Alamat Rumah Limas Palembang https://dipalembang.com/sejarah-rumah-limas-adat-palembang/ https://dipalembang.com/rumah-limas-bari-bayumi-wahab-palembang/

Sejarah Rumah Limas Adat Palembang

Rumah Limas atau rumah Bari merupakan salah satu peninggalan kebudayaan dari Kerajaan Sriwijaya...

TERKAIT

Ditengah Wabah Covid-19 Saat Ini, Objek Wisata Danau Jakabaring...

Di tengah wabah Covid-19 saat ini, wahana Olahraga air yang terletak di komplek...

Sungai Sekanak Lambidaro Palembang, Destinasi Wisata 2022

Daya tarik kota Palembang yang memiliki anak-anak sungai yang membuat banyak pihak tertarik...

35 Tempat Wisata Di Palembang Terkini Tahun 2020

Tempat Wisata di Palembang sangatlah banyak, mulai dari wisata kuliner, wisata religi dan...

Taman Rusa Pusri Palembang, Edukasi Anak yang Gratis

Taman Rusa Pusri Palembang, Edukasi Anak yang Gratis

Taman Kelinci Rawa Borang, Taman Edukasi yang Murah Meriah

Sudah akhir pekan saja nih, tapi masih bingung mau habiskan waktu bersama keluarga...

Harga Tiket Masuk Punti Kayu Palembang 2020

Travelling ke Hutan Wisata Punti Kayu memang menjadi hal yang menyenangkankan, selain tempatnya...
- Advertisement -eyJwaG9uZSI6Ikphc2EgUGVtYnVhdGFuIFdlYnNpdGUgUGFsZW1iYW5nIn0=