Home WISATA Wisata Palembang Pesona Masjid H. Bayumi Wahab Indralaya Ogan Ilir

Pesona Masjid H. Bayumi Wahab Indralaya Ogan Ilir

Salah satu Masjid yang memiliki seni arsitektur sangat mengesankan ada di Inderalaya, tepatnya di Jalan Lintas Timur Palembang – Lampung, Tj. Sejaro, Kabupaten Ogan Ilir, Betul sekali inilah Masjid H. Bajumi Wahab.

Tidak hanya warga sekitar, karena terletak dipinggir jalan Lintas Timur membuatnya selalu dilewati Masyarakat luar Sumatera, tidak sedikit orang yang berhenti untuk menunaikan sholat dan bersantai sejenak.

Bahkan karena keunikan dan menariknya desain Masjid ini, banyak sekali calon pengantin menjadikan Masjid ini sebagai tempat foto Prawedding.

Sejarah Masjid H. Bajumi Wahab

Masjid ini menjadi Masjid Termegah yang ada di Ogan Ilir Smatera Selatan, nama Masjid diambil dari H. Bajumi Wahab salah satu pengusaha terkenal di Kota Palembang, ia juga memiliki rumah limas di sebelah Universitas Iba yang juga merupakan Universitas miliknya. Anak anak beliau yang memiliki inisiatif untuk membangun sebuah masjid megah ditanah kelahiran H. Bajumi Wahab, Masjid ini juga sebagai bentuk penghormatan bagi orang tua mereka.

Bagian Luar Masjid

Pada Saat masuk, Anda akan disambut tulisan besar Nama Masjid dan rindangnya pohon-pohon yang ada disekitar, terdapat Menara tinggi dengan karakteristik ukiran dan profil dinding.

Masjid ini memiliki Karakteristik tersendiri dimana terdapat profil batu yang sangat banyak, dibagian depan terdapat penghijauan taman kecil dibagian depan dibarisi dengan pohon Kurma membuat suasana terasa sejuk.

Pada sore hari banyak warga sekitar datang berkunjung ada juga yang bersilaturahmi dengan warga-warga lainnya, kegiatan lain biasanya disekitar masjid terdapat anak-anak kecil bermain direrumputan masjid.

Desain Arsitektur Masjid

Dibagian atas masjid terdapat Kubah besar dan atap yang menyayap seperti bentuk atap rumah limas, karena terdapat sudut yang berundak-undak, pada pintu masuk utama terdapat pilar-pilar penyangga yang memuliki estetika bentuk yang menarik, pemilihan bahan dan seni arsitektur ini sangat cocok, perpaduan antara Masjid dan Adat Kebudayaan.

Kaca-kaca masjid memiliki ornamen warna warni yang begitu cantik, dan sanblast Kaca yang memiliki motif ukiran khas, lampu lampu dinding juga tidak luput dari mata kita diamana hampir terdapat pada semua tiang tiang penyangga bagian dalam.

Dibagian atas kita juga dapat melihat corak pilar pilar kecil sebagai pelafon atas berwarna emas memberikan kesan mewah ketika berada didalam masjid, lampi persegi empat juga memberikan kesan bahwa masjid ini memang benar-benar dibangun secara detail.

Exit mobile version