Pempek Palembang

Pempek Palembang

Pempek merupakan makanan khas yang paling dikenal di Palembang dan Sumatera Selatan. Pempek berbahan utama ikan dan sagu, penyajiannya juga dengan cuka.

Sejarah Pempek
Bahan Pembuatan Pempek
Cara Membuat Pempek
Pempek Kulit
Pempek Kapal Selam
Pempek Lenjer
Pempek Panggang
Pempek Keriting
Pempek Pistel
Pempek Adaan
Pempek Tahu
Pempek Palembang
Kuliner-Palembang-Berbahan-Pempek
Model Palembang
Laksan Palembang
Tekwan Palembang
Lakso Palembang
Burgo Palembang
Celipungan Palembang
Kerupuk-Palembang
Kemplang Palembang
Otak otak Palembang
Pempek Lenggang

Sejarah Pempek

Sejarah Pempek Palembang berawal dari seorang warga etnik tionghoa yang ketika itu membuat makanan dari bahan ikan dan sagu. Hal ini juga terinspitrasi dari sangat banyaknya ikan belida yang sangat mudah ditemukan disungai musi.

Setiap sore ia menjual makanan ini di Kota Palembang, banyak pembeli yang menyukai makanan ini dengan memanggil penjual dengan sebutan Apek (pek). Sehingga lama kelamaan makanan ini dikenal masyarakat dengan nama pempek.

Bahan Pembuatan Pempek

Ikan Belida atau yang sering disebut ikan belido menjadi salah satu bahan dalam membuat pempek Palembang, namun saat ini di Kota Palembang sendiri sudah agak sulit ditemui Ikan Belida, selain harganya yang mahal, langkanya ikan ini membuat penjual pempek Palembang menggantinya dengan Ikan Gabus sebagai bahan utama membuat Pempek, Kerupuk, Kemplang dan sebagainya.

Saat ini Ikan belida menjadi salah satu icon Kota Palembang, selain dahulunya di sungai musi banyak sekali ikan belida, sejarah Ikan belida juga dilekatkan dengan sejarah Makanan khas Palembang Pempek.
Pemerintah kota Palembang bahkan membuat Replika Ikan Belido di pelataran Benteng Kuto Besak sebagai salah satu icon kota Palembang, tidak hanya replika jika anda berkunjung ke Palembang, anda akan melihat lampu hias kota juga memiliki bentuk ikan Belido.

Selain bahan baku utama pempek, Ikan Belido juga saat ini masih dijadikan bahan untuk membuat kempelang dan kerupuk, ada banyak penjual Kerupuk masih menggunakan ikan belida, walaupun akan membuat harga Kerupuk menjadi lebih tinggi, namun selain tradisi, rasa khas Ikan Belida memang berbeda dengan jenis ikan lainnya

Ikan Belida sangat cocok untuk dibuat berbagai Jenis Pempek. Berikut beberapa jenis pempek palembang:

Jenis-Jenis Pempek:

Pempek Kulit

Pempek kulit terbuat dari kulit ikan, sisa-sisa ikan yang dagingnya telah dibuat pempek jenis lainnya. Meski berasal dari bagian ikan yang tidak berguna, rasanya tidak kalah nikmat dengan pempek lain. Sebelum dicampurkan ke dalam adonan, kulit ikan dihancurkan baru kemudian adonan ditambahkan telur agar lebih lembut.

Pempek Kapal Selam

Pempek sebesar kepalan tangan orang dewasa ini berisi 1 butir telur utuh ayam atau bebek. Adonan dasar sama dengan pempek lenjer, dibentuk cekung sehingga ketika telur dipecahkan, semua isi telur dapat masuk ke dalam adonan pempek dan-ditutup lagi agar tidak bocor. Nama kapal selam karena ketika memasukkan pempek ke dalam panci berisi air. Pempek tenggelam di dasar panci. Saat pempek sudah matang akan naik ke atas permukaan air dan mengapung. Kata orang Palembang seperti kapal selam, bisa tenggelam dan mengapung.

Pempek Lenjer

Disebut pempek lenjer karena dibuat lonjong memanjang seperti silinder (lenjeran, Bahasa Palembang). Panjangnya sekitar 15 cm dengan diameter 4 cm. Bisa dibilang ”Ibu dari pempek” karena dari pempek lenier dapat dibuat berbagai jenis pempek lain. Adonan pempek lenjer merupakan adonan dasar pempek. Pempek lenjer dipotong kecil, ditambah telur dan diwadahi daun pisang maka menjadi pempek lenggang. Pempek lenjer diiris memanjang ditambah kuah santan menjadi celimpungan. Pempek lenjer dipotong lalu diberi mi jadilah rujak mi.

Pempek Panggang

Pempek merupakan salah satu sajian yang berbentuk bulat dan dipanggang. Jika sudah masak, maka pempek dibelah dan diisi ebi, kecap manis, dan cabai rawit yang ditumbuk.

Baca Selengkapnya : Mencicipi Pempek Panggang Khas Palembang

Pempek Keriting

Bentuknya seperti bola mi keriting. Pembuatannya paling sulit karena harus dipirik menggunakan alat pirikan. Adonan pempek keriting ditimbang terlebih dahulu, kemudian ditekan menggunakan pirikan untuk mengeluarkan bahan yang menjadi lingkaran kecil berukuran panjang.

Pempek Pistel

Pempek pistel mirip kue pastel. Isinya tumisan pepaya muda dan ebi yang dimasak dengan santan, bawang merah, bawang putih, merica, dan garam. Menyantapnya bisa direbus atau digoreng. Karena berbahan isi sayuran, pempek pistel tidak bertahan lama.

Pempek Adaan

Disebut juga pempek bulat. Pempek ini langsung digoreng tanpa harus direbus terlebih dahulu. Adonannya ditambah santan dan bawang, sehingga rasanya gurihdan wangi.

Pempek Tahu

Merupakan hasil perpaduan pempek dan tahu. Namun tahu bukan sebagai isian, tahu diletakkan sebagai pembungkus pempek yang kemudian digoreng.

Pempek Lenggang

Merupakan pempek yang dicampur telur bebek yang kemudian diletakkan di daun pisang yang sudah dibentuk persegi empat berbentuk kotak, prosesnya memasaknya dibakar.

Cara Membuat Pempek

Cara membuat Pempek Palembang tergolong mudah untuk diikuti selain sudah banyak tutorial yang membahas tentang bagaimana membuat pempek ini. Dalam pemilihan bahan pembuatan pempek yang harus kita utamakan adalah ikan, karena hampir 70% rasa utama pempek berasal dari jenis ikan dan cara pengolahannya.

Ikan pembuatan pempek sebenarnya yang paling enak adalah ikan Belido. Namun karena jenis ikan ini sudah mulai langka serta harganya yang mahal dipasaran, sehingga kita dapat menggantinya dengan jenis ikan gabus atau ikan tenggiri.

Baca: Ikan Belida Bahan Baku Utama Membuat Pempek Palembang

Pempek Sendiri memiliki berbagai jenis, Anda dapat membacanya disini : 10 Jenis Pempek Palembang yang Wajib Anda Coba.
Resep Pembuatan pempek dibawah ini merupakan jenis pempek lenjer. Bahan ini juga dapat dikreasikan untuk membuat jenis pempek lainnya seperti pempek telur kecil dan pempek kapal selam.

Bahan Pembuatan PempekJumlah Bahan
Tenggiri500 Gram
Tepung Sagu300 Gram
Tepung Terigu100 Gram
Garam2 Sendok Makan
Telur Ayam1 Butir
Bawang Putih6 Siung
Air Putih500 ml
Penyedap Rasa2 Sendok Makan

Cara Membuat Pempek Asli Palembang:

  • Siapkan 500ml kedalam panci.
  • Lalu masukan 100 Gram Tepung Terigu lalu aduk hingga rata dalam keadaan api tidak menyala.
  • Setelah diaduk rata, nyalakan kompor hingga mengental (dinginkan beberapa saat dalam baskom).
  • Kemudian masukan 6 Siung bawang putih yang sudah dihaluskan dan garam sebanyak 2 sendok makan.
  • Masukan 1 butir telur ayam dan 500 gram ikan tenggiri.
  • Selanjutnya tambahkan 2 sendok makan penyedap rasa.
  • Tambahkan tepung sagu sebanyak 300 Gram (aduk hingga semua adonan menjadi rata).
  • Setelah itu Adonan menyatu, gulung adonan hingga berbentuk pempek lenjer bisa berukuran kecil atau besar. Agar tidak lengket tambahkan sagu ketika membentuk pempek.
  • Hangatkan Air sebanyak 1000 ml kedalam panci, lalu masukan pempek yang sudah dibentuk.
  • Tunggu beberapa saat hingga matang, lalu tiriskan.
Pempek Lenjer Palembang

Pempek yang kita buat sudah siap dihidangkan, jika ingin mencoba rasa yang lebih garing pempek ini juga dapat digoreng terlebih dahulu.

Rahasia pembuatan pempek enak adalah menggunakan 2 jenis ikan yang berbeda seperti ikan gabus atau ikan tenggiri. sehingga menjadi lebih kaya rasa khas Palembang. Kemudian untuk ikannya sendiri sebaiknya cari yang masih sangat segar untuk membuat pempek lebih awet dan terasa lebih enak.

Jika Anda asli Palembang atau Luar Kota Palembang, tentu tidak lengkap rasanya liburan anda tidak dilengkapi dengan wisata kuliner yang mantap, tenang saja Palembang adalah salah satu Kota yang memiliki banyak sekali makanan khas yang wajib anda coba, kali ini dipalembang.com akan membahas 10 Makanan Khas Palembang yang Jenisnya Pempek.

10 Jenis Kuliner Palembang Berbahan Pempek

Pempek Palembang

Mampir ke Palembang tanpa mencicipi Pempek rasanya bukan seperti ke Palembang, karena salah satu makanan utama yang paling terkenal dan melegenda adalah Pempek, selain itu berbagai jenis pempek juga wajib kamu coba, nikmati makannya dengan Cuka ya sebagai kuahnya, salah satu pempek yang paling bikin ngiler adalah pempek kapal selam (pempek Telur) selain rasanya yang enak adanya telur menambah cita rasa pempek ini.

Model Palembang

Model Palembang adalah makanan khas yang ada di Palembang, model Palembang berbahan Tepung sagu dan Ikan, ada juga yang menambahkannya tahu dan penikmat rasa lainnya, bentuknya bulat besar, namun dipotong-potong beberapa bagian hingga kecil, dimakan menggunakan kuah dan biasanya juga ditambahkan bihun atau mie putih, bagi orang awam biasanya sedikit bingung dengan rasanya tapi semakin dicoba rasanya semakin enak.

Laksan Palembang

Laksan Palembang adalah salah satu khas Palembang yang biasanya dijadikan salah satu menu sarapan pagi, bahan utamanya hampir sama dengan pempek, namun kuahnya terbuat dari santan bercampur ikan, kauhnya sedikit merah karena adanya campuran cabai, bisa dicoba nih buat kamu yang suka pedas.

Tekwan Palembang

Tekwan Palembang, kalo melihat tekwan ini salah satu makanan yang super enak, bahan utamanya hampir sama dengan beberapa makanan khas palembang lainnya, seperti ikan, sagu dan gandum, kuahnya juga terbuat dari beberapa bumbu seperti biasanya bawang merah, bawang putih, biasanya juga ada daun seledri, dibagian atas umumnya ditaburi bawang goreng.

Lakso Palembang

Lakso, ada yang pernah dengar makanan yang satu ini, bentuknnya seperti mie yang berukuran besar, namun menyatu satu sama lainnya, makanan yang terbuat dari tepung besar dan disajikan dengan kuah santan bercampur ikan, menambah rasanya menjadi enak banget.

Burgo Palembang

Kalo kita makan Lakso, tidak lengkap rasanya tidak mencoba burgo, karena keduanya hampir sama, bedanya burgo berbentuk gulungan, dan kuahnya sedikit lebih putih, soal rasanya jangan ditanya, ini adalah salah satu makanan favorit yang ada di Kota Palembang.

Celipungan Palembang

Celimpungan mungkin salah satu makanan yang serupa dengan laksan, namun ukuran dan bentuk sedikit berbeda, bahan utamanya tetap menggunakan ikan sagu dan gandum, biasanya celimpunagan banyak dijual diwarung-warng pempek yang ada di Palembang.

Kerupuk Palembang

Kerupuk Palembang adalah salah satu makanan yang paling banyak disukai warga luar Palembang, tentu juga sangat diminati oleh warga Palembang, kerupuk ini adalah salah satu menu utama yang cocok dimakan untuk apa saja, gurih dan nikmatnya, terutama yang memiliki rasa ikan asli membuat kerupuk menjadi salah satu andalan jika kita makan.

Kemplang Palembang

Selain kerupuk, kemplang juga menjadi pilihan utama sebagai tamabahan untuk menikmati makanan, kempelang sebenarnnya sebelum digoreng berbentuk pempek yang di iris lalu dijemur hingga kering, rasa kempelang palembang tentu tidak diragukan lagi, bagi anda yang tau rasanya kempelang tentu tau betapa enaknya makanan ini, selain itu, gurihnya juga membuat kita menjadi ketagihan.

Otak-otak Palembang

Otak-otak memang sering terdengar tidak hanya di Palembang, namun bedanya, otak-otak asli Palembang memiliki rasa yang sangat berbeda, selain dengan pilihan ikan, adonan dan proses pemanggangan yang alami membuat otak-otak ini menjadi lebih kaya rasa dan nikmat, anda bisa mencobannya jika sedang di Palembang.

Artikel Terkait

Advertisement

Apa Ini?

UPDATE COVID-19