Jumat, 24 September, 2021

Inilah “Tanah Abang” Wong Kito, Pasar 16 Ilir Palembang

Jasa Pembuatan Website Palembang

Jika Jakarta punya tanah abang sebagai Central Grosir Pakaian di Jakarta, nah ini “Tanah Abang”nya Palembang Pasar 16 yang menjadi pusat Ekonomi dan Pasar tradisional terbesar di Sumatera Selatan, berdiri persis di pinggiran sungai Musi Palembang, inilah pusat tekstil dan elektronik terbesar Di Sumatera Selatan.

Tidak banyak Elektronik dan tekstil saja, perabotan rumah tangga dan perlengkapan kantor juga sangat mudah Anda temui disini, selain lengkap salah satu daya tarik pasar 16 adalah harga yang relatif lebih murah.

Sejarah Pasar 16 Ilir

Pusat Ekonomi ini memang sudah dikenal tidak hanya di Palembang namun sampai ke Luar Sumatera, Pasar 16 sudah ada sejak ratusan tahun lalu tepatnya pada pertengahan abad ke-19. Dalam sejarahnya dahulu ini merupakan lokasi tempat masyarakat membawa hasil panen seperti sayuran, buah dan berbagai kebutuhan lainnya menggunakan Jalur Sungai Musi dari berbagai daerah di Sumatera Selatan, ada juga yang menggunakan jalur darat. Tujuannya melakukan transaksi jual beli.

Pertumbuhan terus menerus terjadi, masyarakat Palembang juga semakin banyak yang berdatangan sebagai penjual atau pun pembeli. Bahkan selain masyarakat Palembang banyak juga  pedagang yang berasal dari bangsa Arab, India dan Cina. Hingga berdirilah Pasar 16 yang memiliki gabungan berbagai unsur,  terlihat dari arsitektur bangunannya yang kental dengan nuansa Eropa, Timur Tengah.

Asal Nama Pasar 16 Ilir Palembang

Nama Pasar 16 Sebenarnya diambil dari nama kelurahan 16 Ilir, Dulu banyak orang menyebutnya dengan 16 Ilir, hingga semakin terkenal dengan sebutan Pasar 16, hingga hari ini pasar 16 tetap menjadi sentral bisnis yang sangat ramai dikunjungi setiap hari baik pengunjung dari Kota Palembang sendiri maupun dari berbagai Kabupaten yang ada di Sumatera Selatan.

Pasar terus diperbaharui dengan bangunan modern berlantai 4, Anda dengan mudah mencari  Bahan-bahan tekstil, konveksi, pakaian dan songket.  Tidak hanya di Pasar berlantai 4 ini saja yang ramai, banyak Ruko-ruko sepanjang pasar 16 yang menjual berbagai kebutuhan dengan harga terjangkau.

Berikut fungsi dan tipe setiap lantai yang ada di Gedung Pasar 16

Lantai Dasar
Tekstil, pakaian import, songket, tas wanita import dan segala pernak-pernik wanita semua tersedia.

Lantai 2
Busana muslim, aneka perlengkapan sholat yang semuanya berkualitas dengan harga yang sesuai tentunya.

Lantai 3
Busana muslim, Konveksi, Aksesoris, perlengkapan pernikahan, sepatu dan sebagainya.

Lantai 4
Pusat Baju Bekas dengan  Berbagai Jenis mulai dari Selimut, Gorden,Baju, Celana, Topi, Speatu dan berbagai kebutuhan rumah lainnya.

REKOMENDASI

TERKAIT

4 Museum yang Ada di Palembang – Berikut Ulasannya

Adanya museum merupakan sebuah gambaran banyaknya sejarah yang terdapat di Provinsi Sumatera Selatan...

Kamus Bahasa Palembang Terlengkap

A B C D E F G I H J K A Abes (habis) Agam (Suka) Awak (Kamu/Anda) Asak (Asal) Asek (asik) B Bae (Saja) Bange (suka tidak mendengar) Bangat (Banget) Balen (Ulang) Balak (Masalah) Balek...

OLD Palembang – Tempo Dulu VS Palembang Sekarang

Kota Palembang merupakan Kota Tertua di Indonesia yang terletak di Pulau Sumatera tepatnya...

7 Fakta Menarik dan Sejarah Sungai Musi Palembang

Sungai Musi adalah sungai terpanjang yang ada di Palembang, Sungai Musi juga menjadi...
- Advertisement -eyJwaG9uZSI6Ikphc2EgUGVtYnVhdGFuIFdlYnNpdGUgUGFsZW1iYW5nIn0=