Sabtu, 25 September, 2021

Palembang Zona Merah, Pemerintah tiadakan Sholat Idul Fitri Tahun ini

Jasa Pembuatan Website Palembang

Seperti yang kita ketahui, Sholat Idul Fitri di Kota Palembang selalu ramai sebelum masa Pandemi, Ribuan orang memadati hingga sepanjang jembatan Ampera dan Jalan Raya untuk melakukan Sholat di Palembang. Namun sayangnya tradisi ini berubah ketika adanya Covid-19, terlebih lagi Pemerintah Kota Palembang juga meniadakan Sholat Idul Fitri Tahun ini.

Sebagai upaya antisipasi kasus Covid-19 Pemerintah kota Palembang mempertimbangkan Sholat Idul Fitri tahun ini untuk belum dilaksanakan. Informasi ini langsung disampaikan oleh Walikota Palembang Harnojoyo selesai rapat koordinasi Prokes Kota Palembang.

“Sholat Idul Fitri Ditiadakan dulu karena kondisi Palembang saat ini zona merah. Ini akan disampaikan melalui surat edaran hasil keputusan bersama Kemendagri, Kementerian Agama dan Gubernur yang akan segera kita tindak lanjuti,” katanya.

Lanjut Harnojoyo, peniadaan sholat idul Fitri ini berlaku untuk masjid, musollah ataupun lokasi lapangan yang biasa menggelar sholat idul Fitri.

Sebab, dari 18 Kecamatan yang ada di Kota Palembang hanya dua kecamatan saja yang berada di status zona Rendah yakni Kertapati dan Oranye Sematang Borang.

“Selebihnya semua merah, jadi sesuai aturan untuk wilayah yang zonanya merah maka sholat idul Fitri Ditiadakan. Untuk sholat tarawih masih diperbolehkan dengan tetap mengikuti aturan protokol kesehatan, kapasitas jemaah 50 persen dari total daya tampung,” ujarnya.

Harnojoyo juga mangajak masyarakat melaksanakan sholat idul Fitri dirumah, seperti tahun lalu.

“Ini surat edaran yang dikeluarkan dari pusat sehingga kita satu komando. Sholat id kan Sunnah jadi bisa dilakukan dirumah,” tuturnya.

Kepala Kemenag Kota Palembang, Deni Apriyansah juga menambahkan, keputusan peniadaan sholat idul Fitri tersebut berdasarkan hasil rapat bersama ditingkat kementerian, baik Kemendagri dan Kemenag.

“Sebenarnya sholat idul Fitri ini sunah, jadi walaupun tidak sholat di masjid bisa tetap dilakukan di rumah saja. Ini pertimbangannya karena kita berada di zona merah sesuai dengan ketetapan dari Pemerintah Daerah,” katanya.

Dijelaskan Deni, pihaknya akan memberikan sosialisasi dan surat edaran Kementerian Agama kepada semua pengurus masjid dan musholla yang ada di Palembang.

Ia menambahkan, walaupun saat ini surat edaran terkait shalat Idul Fitri belum sampai di Kemenag.
Namun mengacu surat edaran nomor 4 tahun 2021 yang berisikan 21 poin dan pada poin ke enam, kegiatan ibadah ramadan di tempat ibadah seperti di masjid dan mushola tidak ada pelaksanaan salat Idul Fitri

“Atas dasar edaran ini, mayoritas kecamatan kita merah semua, artinya hampir 80-85 persen risiko bahaya.

Untuk mengantisipasinya tidak ada salahnya, pelaksanaan salat ID dilaksanakan seperti tahun lalu, di rumah. Total ada 1.200 masjid dan musollah di Palembang, ini segera akan kita sebarkan surat edaran sesuai arahan dari pemerintah pusat,” ujarnya.(yak)

REKOMENDASI

TERKAIT

Mulai 1 Juni Jembatan Keramasan Lama di Palembang Ditutup,...

Jembatan Keramasan Lama di Palembang bakalan akan ditutup selama perbaikan mulai 1 Juni...

Wanita Korban Penusukan di Kayuagung, Minta pelakunya segera ditangkap

Siti Saleha korban penusukan beberapa waktu lalu meminta penjelasan akan terkait dengan kasus...

Larangan Mudik Sumsel, Kepolisian Daerah Sumatera Selatan Terjunkan Sebanyak...

Kepolisian daerah Sumatera selatan sudah menyiapkan lebih dari 2000 personil guna menutup arus...

Di Palembang, Terdapat Satu Kecamatan yang Berstatus Zona Kuning,...

Pandemi Covid-19 yang melanda di negeri tercinta kita ini belum membaik terutama...

Herman Deru Sampaikan Rekomendasi DPRD Sumsel Terhadap LKPJ Gubernur...

Palembang, Gubernur Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) H. Herman Deru menghadiri rapat paripurna Istimewa...

Pemkot Palembang Siapkan Dana Cadangan Cukup Besar, Demi Tangani...

Efisiensi dan Recofusing anggaran di masa pandemi masih dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang...
- Advertisement -eyJwaG9uZSI6Ikphc2EgUGVtYnVhdGFuIFdlYnNpdGUgUGFsZW1iYW5nIn0=