Jumat, 24 September, 2021

OLD Palembang – Tempo Dulu VS Palembang Sekarang

Jasa Pembuatan Website Palembang

Kota Palembang merupakan Kota Tertua di Indonesia yang terletak di Pulau Sumatera tepatnya di Sumatera Selatan, Asal usul nama kota Palembang terdapat beberapa Versi, salah satu sumber mengatakan kata lembang berasal dari bahasa Jawa “Limbang” yang memiki arti biji atau Logam, sedangkan “Pa” yang berasal dari bahasa yang sering digunakan orang Jawa untuk menunjuk suatu tempat berlangsungnya usaha atau keadaan.

Kota Palembang juga menjadi pusat dari kerajaan Sriwijaya, Serangan pada era Rajendra Chola dari Kerajaan Chola pada tahun 1025, menyebabkan kota ini hanya menjadi pelabuhan sederhana yang tidak berarti lagi bagi para pedagang asing, kemudian Nama Palembang juga dikaitkan dengan kronik Tiongkok yang bernama Pa-lin-fong yang terdapat pada buku Chu-fan-chi yang ditulis pada tahun 1178 oleh Chou-Ju-Kua kemudian dialih bahasakan dengan Palembang.

Berdasarkan kisah Kidung Pamacangah dan Babad Arya Tabanan disebutkan seorang tokoh dari Kediri yang bernama Arya Damar sebagai bupati Palembang turut serta menaklukan Bali bersama dengan Gajah Mada Mahapatih Majapahit pada tahun 1343, Pada awal abad ke-15, kota Palembang diduduki perompak Chen Zuyi yang berasal dari Tiongkok. Armada bajak laut Chen Zuyi kemudian ditumpas oleh Laksamana Cheng Ho pada tahun 1407.

Kemudian sekitar tahun 1513, Tomé Pires seorang apoteker Portugis menyebutkan Palembang, telah dipimpin oleh seorang patih yang ditunjuk dari Jawa yang kemudian dirujuk kepada kesultanan Demak serta turut serta menyerang Malaka yang waktu itu telah dikuasai oleh Portugis. Palembang muncul sebagai kesultanan pada tahun 1659 dengan Sri Susuhunan Abdurrahman sebagai raja pertamanya. Pada Tahun 1823 kesultanan Palembang dihapus oleh pemerintah Hindia Belanda. Setelah itu Palembang dibagi menjadi dua keresidenan besar dan permukiman di Palembang dibagi menjadi daerah Ilir dan Ulu.

Berikut ini Foto Perubahan Palembang Dulu dan Sekarang.

Bundaran Air Mancur Palembang
Jembatan Ampera Tempo dulu dan Sekarang
Museum Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang Dulu dan Sekarang
Area Bundaran dan Masjid Agung Palembang Dulu dan Sekarang
Kantor Walikota Palembang Dulu dan Sekarang

REKOMENDASI

TERKAIT

4 Museum yang Ada di Palembang – Berikut Ulasannya

Adanya museum merupakan sebuah gambaran banyaknya sejarah yang terdapat di Provinsi Sumatera Selatan...

Inilah “Tanah Abang” Wong Kito, Pasar 16 Ilir Palembang

Jika Jakarta punya tanah abang sebagai Central Grosir Pakaian di Jakarta, nah ini “Tanah...

Kamus Bahasa Palembang Terlengkap

A B C D E F G I H J K A Abes (habis) Agam (Suka) Awak (Kamu/Anda) Asak (Asal) Asek (asik) B Bae (Saja) Bange (suka tidak mendengar) Bangat (Banget) Balen (Ulang) Balak (Masalah) Balek...

7 Fakta Menarik dan Sejarah Sungai Musi Palembang

Sungai Musi adalah sungai terpanjang yang ada di Palembang, Sungai Musi juga menjadi...
- Advertisement -eyJwaG9uZSI6Ikphc2EgUGVtYnVhdGFuIFdlYnNpdGUgUGFsZW1iYW5nIn0=