Kamis, 8 April, 2021

4 Museum yang Ada di Palembang – Berikut Ulasannya

Jasa Pembuatan Website Palembang

Adanya museum merupakan sebuah gambaran banyaknya sejarah yang terdapat di Provinsi Sumatera Selatan terutama Kota Palembang. Museum-museum yang kini di Palembang menyimpan berbagai benda bersejarah yang menjadi bukti adanya Kerajaan Sriwijaya, Palembang Darussalam dan berbagai peninggalan dari dari masa lalu.

Saat ini setidaknya ada 7 Museum di Kota Palembang yang masih difungsikan hingga sekarang. Apa saja Museum yang di Kota Palembang, berikut informasinya :

1. Museum Sultan Mahmud Badaruddin II

Museum Sultan Mahmud Badaruddin II

Museum sultan Mahmud badaruddin II merupakan Museum yang sudah ada sejak zaman Palembang Darussalam, Museum ini pernah menjadi rumah tinggal sejak ratuasn tahun lalu. Tempat ini pernah berdiri Istana Kesultanan Palembang Darussalam yaitu Keraton Kuto lamo, Belanda merekonstruksi reruntuhan bangunan menjadi tempat tinggal komisaris kerajaan Belanda pada masa itu, fungsi bangunan ini juga kemudian silih berganti dan menjadi museum pada 2004. 

Museum Sultan Mahmud Badaruddin 2 Palembang Menjadi ruang sejarah yang dapat kita lihat hingga saat ini. Terdapat puluhan benda-benda bersejarah Palembang masa lalu yang dikumpulkan di Museum ini.

Alamat

Jl. Sultan Mahmud Badarudin, 19 Ilir, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30113

2. Museum Balaputra Dewa

Museum Balaputra Dewa Palembang

Museum Balaputra Dewa merupakan museum yang berada di Palembang, Museum ini menyimpan berbagai benda-benda bersejarah yang ada di Provinsi Sumatera Selatan terutama Arca. Didalam Museum ini terdapat banyak koleksi arterfak Sriwijaya yang dijaga dan tetap dilestarikan hingga saat ini.
Banyak benda yang didapatkan dari dataran tinggi pagaralam, tempatnya berada dalam rangkaian pegunungan Bukit Barisan.

Saat ini berbagai Arca yang kini disimpan di Museum Balaputra Dewa. Terdapat 14 buah koleksi Arca peninggalan zaman megalitikum yang sebagian dari kabupaten Lahat. Arca-arca ini umumnya terbuat dari batu Andesit, Breksi Vulkanik dan Diorit. Salah satu Arca yang paling menarik adalah Patung Budha dan Arca yang menyerupai Gajah.

Alamat

Sukaramai, Jl. Srijaya No.I, RW.5, Srijaya, Kec. Alang-Alang Lebar, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30139

Baca Selengkapnya :

3. Museum Tekstil Palembang

Museum Tekstil Palembang

Museum Tekstil Palembang merupakan bangunan bersejarah peninggalan zaman kolonial Belanda yang dibangun tahun 1883. Bangunan dengan arsitektur Eropa ini terletak dijalan Merdeka Palembang, sebagai salah satu bagian sejarah Kota Palembang banyak upaya pemerintah untuk melestarikan peninggalan budaya ini, sejak Kemerdekaan Republik Indonesia. Museum ini diambil alih oleh pemerintah daerah, Bangunan Museum Tekstil ini dulunya adalah rumah tinggal burgemeester Palembang.

Bangunan Museum Tekstil Palembang terdiri dari 4 bangunan, dibagian utama yang merupakan rumah tinggal burgeermeester dan ada 3 bangunan tambahan. Masing-masing bangunan tambahan tersebut merupakan bangunan berlantai dua. Sesuai dengan ciri-cirinya, bangunan utama memiliki gaya arsitektur art deco.

Dibagian depan terdapat satu meriam di depan gedung, selain itu terdapat patung pengantin pria dan wanita berpakaian adat sumatera selatan, salah satu cagar budaya bukti peninggalan sejarah ini terlihat usang dan tidak terawat.

Alamat

Jl. Merdeka No.9, Talang Semut, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30136

4. Museum Taman Purbakala Sriwijaya

Museum Taman Purbakala Sriwijaya

Museum Taman Purbakala Sriwijaya salah satu tempat bersejarah dimana terdapat bukti peninggalan kerajaan Sriwijaya. Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya atau sebelumnya dikenal dengan nama Situs Karanganyaradalah taman purbakala bekas kawasan permukiman dan taman yang dikaitkan dengan kerajaan Sriwijayayang terletak tepi utara Sungai Musi di kota Palembang, Sumatera Selatan.

Didalam Museum ini terdapat berbagai benda bersejarah yang disimpan dan dijaga dengan baik sehingga para pengunjung dengan mudah melihat berbagai peninggalan sejarah pada masa lalu. Salah satunya adalah terdapat prasasti kedukan bukit pd saat zaman kerajaan sriwijaya lalu.

Di kawasan ini ditemukan jaringan kanal, parit dan kolam yang disusun rapi dan teratur dibagian depan situs taman purbakala ini terdapat taman dan kapal Cheng Ho.

Alamat

Karang Anyar, Kec. Gandus, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30139

Artikel yang Mengulas Museum di Palembang

REKOMENDASI

Kapal Cheng Ho Di Taman Museum Purbakala Palembang

Jika berkunjung ke tempat wisata di Kelurahan Karanganyar Kecamatan Gandus kota Palembang ini...

TERKAIT

Apotik Palembang, Lihat Daftar dan Rekomendasinya

Apotik Palembang semakin hari semakin banyak, hal ini tentu akan sangat membantu masyarakat...

Sudah Tau 3 Rumah Adat Palembang ini?

Rumah adat sangat penting bagi msayarakat Palembang, Rumah didirikan bukan hanya sekedar tempat...

Kantor Walikota Palembang, Sejak Dulu Hingga Kini

Kantor Walikota Palembang merupakan salah satu bangunan peninggalan kolonial belanda yang dahulunya merupakan...

Museum Zainal Songket Palembang

Museum Songket merupakan salah satu tempat penjualan songket khas Palembang yang dikenal dengan...

Museum Balaputra Dewa: Berikut Daftar Arca Didalamnya

Museum Balaputra Dewa yang berada di Palembang, Museum ini menyimpan berbagai benda-benda bersejarah...

Rumah Rakit Palembang – Melihat Sejarah dan Keunikannya

Rumah Rakit merupakan rumah mengapung yang berada disungai musi. Dibagian bawah rumah terdapat...
- Advertisement -eyJwaG9uZSI6Ikphc2EgUGVtYnVhdGFuIFdlYnNpdGUgUGFsZW1iYW5nIn0=