Museum Balaputra Dewa: Berikut Daftar Arca Didalamnya

Museum Balaputera Dewa

Museum Balaputra Dewa yang berada di Palembang, Museum ini menyimpan berbagai benda-benda bersejarah yang ada di Provinsi Sumatera Selatan. Didalam Museum ini terdapat banyak koleksi arterfak Sriwijaya yang dijaga dan tetap dilestarikan hingga saat ini. Beberapa benda juga disimpan di Museum Sultan Mahmud Badaruddin 2 Palembang.

Kebudayaan batu besar di Sumatera Selatan terdapat di dataran tinggi pagaralam, tempatnya berada dalam rangkaian pegunungan Bukit Barisan. Disanalah banyak ditemukan berbagai Arca yang kini disimpan di Museum Balaputra Dewa Palembang.

Di dalam Museum ini kita dapat melihat 14 buah koleksi Arca peninggalan zaman megalitikum yang sebagian dari kabupaten Lahat. Arca-arca ini umumnya terbuat dari batu Andesit, Breksi Vulkanik dan Diorit. Salah satu Arca yang paling menarik adalah Patung Budha dan Arca yang menyerupai Gajah.

Arca di Museum Balaputera Dewa Pakembang

Jika Anda ingin berkunjung di Museum Balaputra Dewa Palembang tiket masuknya sangat murah Anda akan dikenakan biaya Rp. 2.000,- Rupiah untuk satu kali kunjungan umum dan dewa.

Berikut Daftar Arca yang ada di Museum Balaputra Dewa Palembang

Arca Megalit Wanita Mendukung Anak di Museum Balaputera Dewa Palembang

Arca Megalit Orang Menunggang Kerbau

  • Asal Didapat : Desa Gunung Megang, Kabupaten Lahat Sumatera Selatan (South Sumatra)
  • Bahan / Material : Breksi vulkanik
  • Keterangan : Perwujudan arca ini memperlihatkan seorang laki-laki sedang berusaha menaklukkan atau menunggang seekor binatang menyerupai kerbau.
Arca Megalit Wanita Mendukung Anak di Museum Balaputera Dewa Palembang

Arca Megalit Wanita Mendukung Anak

  • Asal Didapat : Desa Tanjung Ara, Pasemah, Kabupaten Lahat Sumatera Selatan (South Sumatra)
  • Bahan/material : Diorit
  • Keterangan : Arca ini menggambarkan seorang wanita dalam posisi berjongkok sedang mendukung anak di punggung. Perwujudan pengarcaan pada bagian-bagian tubuh tertentu cukup menarik, yakni serba besar seperti pemahatan bentuk payudara yang menonjol erat kaitannya dengan upacara untuk kesuburan.
Arca Megalit di Museum Balaputera Dewa Palembang

Arca Megalit

  • Asal Didapat : Desa Pulau Panggang, Pagaralam, Kabupaten Lahat Sumatera Selatan (South Sumatra)
  • Bahan/material : Breksi vulkanik
  • Keterangan : Arca ini merupakan salah satu hasil dari tradisi megalitikum. Bentuk secara keseluruhan memperhatikan sikap seseorang yang sedang duduk di atas seekor binatang (sulit dikenal karena aus).
Kepala Arca Megalit Pakai Tutup Kepala di Museum Balaputera Dewa Palembang

Kepala Arca Megalit Pakai Tutup Kepala

  • Asal Didapat : Desa Pematang Pagaralam Kabupaten Lahat Sumatera Selatan (South Sumatra)
  • Keterangan : Perwujudan kepala arca ini menampilkan keperkasaan yang diperlihatkan oleh ekspresi wajah yang kuat, gambaran seorang prajurit.
Arca Bodhisatwa Awalokiteswara di Museum Balaputera Dewa

Arca Bodhisatwa Awalokiteswara

Arca Budha ini disebut arca Bodhisatwa Awalokiteswa, digambarkan dalam sikap berdiri, tangan kirinya yang memegang sekuntum bunga teratai yang diangkat ke depan dada, dan tangan kanan ke bawah dengan telapak tangan mengarah ke depan. Pakaian berupa jubah polos dari bahan sutra dan mahkotanya berbentuk silinder. Berdasarkan gaya seninya, arca ini berasal dari sekitar abad 8-9 Masehi.

Arca Awalokiteswara di Museum Balaputera Dewa

Arca Awalokiteswara

Arca ini aslinya terbuat dari batuan andesit, ditemukan di daerah Musi Ulu Palembang. Arca digambarkan dalam posisi berdiri di atas asana tetapi sudah hilang, dan jari-jari kaki lurus ke depan. Mempunyai empat buah tangan, tiga di antaranya telah patah, yang tersisa hanya tangan kiri belakang membawa sesuatu yang tidak jelas. Menggunakan Jubah rambut ikal keriting, mata setengah tertutup, hidung mancung, mulut seolah tersenyum dan lubang telinga, panjang. Perhiasan berupa upawita lebar yang berbentuk pita di atas bahunya. Ikat perut berbentuk gasper Jura berbentuk pita Mahkota yang dikenakan dilkat di kepala bagian belakang dan pada mahkota tersebut terdapat arca Amithaba dalam posisi duduk di atas padmasana. Pada bagian punggung arca ini terdapat prasasti pendek dengan bahasa Sansekerta dan huruf Jawa kuno, berbunyi accarya….dan seterusnya, Arca ini diperkirakan berasal dari abad ke-9 Masehi.

Didalam Komplek Museum Balaputra juga terdapat Rumah Adat Limas Khas Palembang :

Alamat Museum Balaputra Dewa Palembang

Sukaramai, Jl. Srijaya No.I, RW.5, Srijaya, Kec. Alang-Alang Lebar, Kota Palembang, Sumatera Selatan
(0711) 412636

Baca Artikel Terkait Museum

Advertisement

Apa Ini?

UPDATE COVID-19