Kamis, 8 April, 2021

Monpera Palembang Simbol Sejarah Perang Lima Hari Lima Malam

Jasa Pembuatan Website Palembang
Monpera Palembang – Screenshot by RAJADRONE

Monpera (Monumen Perjuangan Rakyat) adalah sebuah simbol sejarah yang ada di Palembang, Lokasinya persis di Depan Masjid Agung Palembang, Monumen ini memiliki arti penting dalam buku sejarah Sumatera Selatan, Sebagai gambaran dan mengenang peperangan 5 hari 5 malam bagaimana masyarakat Palembang berjuang secara mati-matian melawan Belanda untuk merebut kembali kemerdekaan yang telah berhasil diperoleh oleh bangsa Indonesia.

Pertempuran 5 hari 5 Malam ini terjadi dari tanggal 1 hingga 5 Januari 1947, kala itu dalam literatur sejarahnya. Bangsa Belanda ingin menguasai Sumatera dan Pulau Jawa karena melimpahnya kekayaan alam yang ada di Sumatera dan Jawa.

Hingga akhirnya pada 6 Januari 1947 tercapailah kesepakan gencatan senjata. Didalam Monumen memiliki 6 lantai dengan tangga yang kecil untuk naik keatas, anda akan melihat beberapa senjata yang menggambarkan kegigihan masyarakat, meski hanya menggunakan peralatan dan senjata sederhana, sehingga membuat pasukan belanda akhirnya dipaksa mundur.

Dibagian luar anda juga akan melihat disisi kiri dan disini kanan bangunan. terdapat beberapa ralief yang menggambarkan bagaimana pertempuran 5 hari malam, Tank Baja sebagai simbol pertempuran.

Monpera dibangun pada tanggal 17 Agutus 1975, selesai pembangunan pada tahun 1988 dan diresmikan oleh Menko Kesra RI H Alamsyah Ratu perwiranegara masa Gubernur H Sainan Sagiman.

Desain Monpera memiliki bentuk yang karismatik, berbentuk melati berkelopak lima yang memberikan arti lima hari lima malam dan lima Daerah yang ikut berjuang, Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu, Kepulauan Bangka dan Belitung, terdapat juga simbol Burung Negara dibagian depan sebagai simbol kemerdekaan dan simbolis pahlawan.

Monpera sengaja dibangun tepat ditengah kota agar semua orang terus mengenang sejarah ini dan menggali kembali kedasaran sejarah perjuangan dalam menegakkan Kemerdekaan Nasional, mengingatkan semua aktivitas Perjuangan, agar menjadi suri telatan bagi generasi penerus cita-cita bangsa, Mengenang jasa pahlawan sebagai titik tolak generasi muda dalam mengisi kemerdekaan dan pembangun.

Hingga pada saat ini banyak sekali dilakukan renovasi, ciri khas utama tetaplah berbentuk melati, namun dihalaman depan yang luas terus dipercantik, anda dapat langsung berkunjung kesana untuk melihat ini Monpera.

Beberapa ruangan yang terdapat pada Monumen Perjuangan rakyat atau monpera di Palembang ini di antaranya Ruang pameran tetap ruang perpustakaan, ruang auditorium, ruang laboratorium atau konservasi, ruang audio visual, ruang administrasi, ruang penyimpanan koleksi dan ruangan untuk bengkel.

Berikut beberapa Koleksi didalam Monpera.

  1. Terdapat foto perjuangan yang berjumlah 178 buah,
  2. Persenjataan yang pernah digunakan pada masa perjuangan melawan Belanda.
  3. Mata uang dari tiga zaman (VOC, Jepang, dan Republik),
  4. KoleksiTerdapat juga buku bacaan, seperti buku perjuangan, buku umum yang berjumlah sekitar 568 buah,
  5. Patung setengah badan atas nama pejuang Sumatera Selatan, (dr, A. K. Gani, drg. M. Isa, H. Abdul Rozak dll),
  6. Koleksi pakaian tentara yang pernah digunakan semasa perjuangan
  7. Lukisan berukuran besar peristiwa peperangan sebanyak 3 buah.

Jika anda berkunjung ke Monpera, anda bisa naik ke lantai paling atas untuk melihat Sungai musi dan Jembatan Ampera dari ketinggian.

Alamat Monpera Palembang

REKOMENDASI

TERKAIT

- Advertisement -eyJwaG9uZSI6Ikphc2EgUGVtYnVhdGFuIFdlYnNpdGUgUGFsZW1iYW5nIn0=