Jumat, 24 September, 2021

Masjid Al Islam Muhammad Cheng Ho Sriwijaya Palembang

Jasa Pembuatan Website Palembang

Masjid Cheng Ho Palembang merupakan sebuah masjid yang didirikan dengan gaya arsitektur Cina Arab dan Palembang Adapun nama lengkap dari masjid ini adalah Masjid Al Islam Muhammad Cheng Hoo Sriwijaya. Masjid ini menjadi salah satu masjid yang unik dan indah, nama masjid ini diambil dari Laksamana Cheng Ho yang berjasa mengembangkan Islam di Palembang, arsitekturnya kental dengan budaya Tiongkok dengan atap yang berundak-undak, selain itu dua menara Masjid dibuat mirip Agoda dengan warna dominan merah dan hijau giok yang beri beri nama hablum minallah dan hablum minannas.

Kedua menara Masjid Cheng Ho Palembang memiliki 5 tingkat yang melambangkan jumlah lima waktu salat yang dilakukan dalam sehari, tinggi kedua Menara ini mencapai 17 meter, angka tersebut merupakan simbol dari jumlah rakaat yang wajib dikerjakan oleh setiap muslim dalam sehari.Masuk ke dalam masjid kita akan mendapati warna dominan merah warna yang identik dengan kebudayaan Tionghoa. arsitektur juga terlihat dari daun pintu yang terdapat dalam pintu utama masjid. pancang-pancang dan ornamen pagar pembatas di bagian atas semakin mempercantik tampilan interior masjid yang kental dengan nuansa Tionghoa.

Baca Masjid Lain di Palembang

Menurut Meri Effendi pengurus Masjid Cheng Ho bangunan ini merupakan perpaduan budaya Sriwijaya dan budaya Tiongkok, Masjid ini dibangun pada tahun 2003 dan dipergunakan pada tahun 2016 lalu, masjid ini dibangun atas prakarsa Persatuan Islam Tionghoa Indonesia awalnya masjid ini dibangun menggunakan dana sumbangan muslim Tiongkok Palembang sebesar 150 juta rupiah, sampai akhirnya datang sumbangan dari warga sekitar termasuk pemerintah setempat.

Vector Masjid Cheng Ho Palembang

Masjid ini juga menjadi pusat pengembangan pengetahuan bagi para mualaf, Riko Al Hafiz salah seorang penghafal Al Quran mengatakan sedikitnya 10 mualaf datang ke sini untuk mempelajari bacaan Al Quran Ia pun menargetkan bisa membimbing para mualaf untuk khatam Alquran.

Di bulan suci Ramadhan masjid Ini selalu ramai dikunjungi jamaah yang menunaikan sholat lima waktu sholat Tarawih dan beritikaf, masjid ini juga selalu kedatangan wisatawan mancanegara dan juga domestik bahkan ada juga yang bukan pemeluk Islam namun kagum ingin melihat eksistensi masjid Cheng Ho di tengah keberagaman agama dan etnis di Palembang tetap menjaga kerukunan dan toleransi.

REKOMENDASI

TERKAIT

Pesona Masjid H. Bayumi Wahab Indralaya Ogan Ilir

Salah satu Masjid yang memiliki seni arsitektur sangat mengesankan ada di Inderalaya, tepatnya...

Destinasi Bersejarah Makam Ratu Bagus Kuning Palembang

Kawasan Plaju menyimpan sejarah Kesultanan Palembang Darusalam tentang tokoh penyebaran Agama Islam di...

Kawah Tengkurep, Kompleks Pemakaman Raja Palembang

Kawah tengkurep merupakan sebuah komplek pemakaman bagi raja, abdi dalem, dan juga keturunannya,...

Wisata Religi Al Qur’an Raksasa (Terbesar) Palembang

Seni kaligrafi mengagumkan berada di Kota Palembang, terletak di Jalan Soak Bujang Gandus...

Penuh Sejarah Inilah Masjid Suro (Al-Mahmudiyah) Palembang

Masjid Suro adalah sebuah masjid yang sangat bersejarah di Kota Palembang, masjid yang...
- Advertisement -eyJwaG9uZSI6Ikphc2EgUGVtYnVhdGFuIFdlYnNpdGUgUGFsZW1iYW5nIn0=