Palembang

Kota Palembang merupakan Ibukota Provinsi Sumatera Selatan, Palembang juga menjadi kota terbesar kedua di Pulau Sumatera setelah Medan, letak kota yang strategis membuat kota Palembang menjadi salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi.

Dalam literatur sejarahnya kota Palembang dahulunya merupakan sebuah tempat yang dipenuhi hutan belantara dan menjadi kota tertua di Indonesia berdasarkan Bukti sejarah prasasti Kedukan Bukit yang ditemukan di Bukit Siguntang Palembang sejak tahun 16 Juni 682 Masehi. Palembang didaulat pernah menjadi ibu kota kerajaan bahari Buddha terbesar di Asia Tenggara pada saat itu, Kerajaan Sriwijaya, yang mendominasi Nusantara dan Semenanjung Malaya pada abad ke-9 juga membuat kota ini dikenal dengan julukan “Bumi Sriwijaya”.

ASAL USUL NAMA PALEMBANG

Asal usul nama Palembang mempunyai beberapa versi. Salah satu versi menyebutkan Palembang dengan kata dalam bahasa Jawa, “limbang”, yang berarti membersihkan biji atau logam dari tanah atau benda-benda luar lain. Pemisahan dilakukan dengan bantuan alat berupa keranjang kecil untuk mengayak tanah berkandungan logam atau biji di aliran sungai.

Sedangkan “Pa” adalah kata depan yang dipakai orang Jawa untuk menunjuk suatu tempat berlangsungnya usaha atau keadaan. Versi ini terkait erat dengan peran Palembang pada masa lalu sebagai tempat mencuci emas dan biji timah. ada juga yang megatakan kata Palembang berasal dari kata “lembah”, karena Palembang dahulunya merupakan daratan rendah yang selalu dibanjiri air luapan air sungai musi yang mengalir dari batanghari sembilan.

Selanjutnya berdasarkan kronik Tiongkok nama Palembang berasal dari kata Pa-lin-fong yang terdapat pada buku Chu-fan-chi yang ditulis pada tahun 1178 oleh Chou-Ju-Kua dirujuk kepada Palembang. Kronik-kronik tersebut berisikan mengenai cerita-cerita pelayaran para saudagar tiongkok dalam perjalanannya untuk berdagang. Para saudagar tiongkok ini menggunakan istilah “Po-Lin-Fong” untuk menunjukan daerah sepanjang sungai musi kota palembang.

DEMOGRAFIS KOTA

Palembang dibagi menjadi dua wilayah Ilir dan Ulu yang dipisah oleh sungai Musi, Secara geografis, Palembang terletak pada 2°59′27.99″LS 104°45′24.24″BT. Luas wilayah Kota Palembang adalah 400,61 km², Letak Palembang sangat strategis karena dilalui oleh jalan Lintas Sumatra yang menghubungkan antar daerah di Pulau Sumatra. Dalam pemetaan Pusat Kota Palembang juga hampir terletak ditengah antara ujung Sumatera dan Ujung Pulau Jawa.

Palembang Saat ini
Palembang selain dikenal sebagai kota tertua dan kota pempek ini juga dikenal sebagai kota Metropolitan yang sering sekali mengadakan event berkelas, seperti suksesnya perhelatan Asian Games 2018 yang diadakan di Jakarta dan Palembang, serta Event-Event berkelas Internasional lainnya, perkembangan kota Palembang juga terlihat dengan semakin banyaknya sarana dan prasarana Kota Palembang seperti moda transportasi kereta ringan LRT.

Palembang juga dianggap sebagai pusat strategis bisnis dan pariwisata. Perkembangan Kota Palembang tidak lepas dari dukungan Pemerintah dan Masyarakat.

Saat ini ada 18 Kecamatan yang Ada di Kota Palembang

Makanan Khas Palembang

Sebagai salah satu Kota tertua Di Indonesia Kota Palembang memang sangat kaya akan makanan khas, yang menjadi salah satu daya tarik Kota Palembang

10 Jenis Makanan Khas Palembang berbahan Ikan

1. Pempek Palembang

Mampir ke Palembang tanpa mencicipi Pempek rasanya bukan seperti ke Palembang, karena salah satu makanan utama yang paling terkenal dan melegenda adalah Pempek, selain itu berbagai jenis pempek juga wajib kamu coba, nikmati makannya dengan Cuka ya sebagai kuahnya, salah satu pempek yang paling bikin ngiler adalah pempek kapal selam (pempek Telur) selain rasanya yang enak adanya telur menambah cita rasa pempek ini.

2. Model Palembang

Model Palembang adalah makanan khas yang ada di Palembang, model Palembang berbahan Tepung sagu dan Ikan, ada juga yang menambahkannya tahu dan penikmat rasa lainnya, bentuknya bulat besar, namun dipotong-potong beberapa bagian hingga kecil, dimakan menggunakan kuah dan biasanya juga ditambahkan bihun atau mie putih, bagi orang awam biasanya sedikit bingung dengan rasanya tapi semakin dicoba rasanya semakin enak.

3. Laksan Palembang

Laksan Palembang adalah salah satu khas Palembang yang biasanya dijadikan salah satu menu sarapan pagi, bahan utamanya hampir sama dengan pempek, namun kuahnya terbuat dari santan bercampur ikan, kauhnya sedikit merah karena adanya campuran cabai, bisa dicoba nih buat kamu yang suka pedas.

4. Tekwan Palembang

Tekwan Palembang, kalo melihat tekwan ini salah satu makanan yang super enak, bahan utamanya hampir sama dengan beberapa makanan khas palembang lainnya, seperti ikan, sagu dan gandum, kuahnya juga terbuat dari beberapa bumbu seperti biasanya bawang merah, bawang putih, biasanya juga ada daun seledri, dibagian atas umumnya ditaburi bawang goreng.

5. Lakso Palembang

Lakso, ada yang pernah dengar makanan yang satu ini, bentuknnya seperti mie yang berukuran besar, namun menyatu satu sama lainnya, makanan yang terbuat dari tepung besar dan disajikan dengan kuah santan bercampur ikan, menambah rasanya menjadi enak banget.

6. Burgo Palembang

Kalo kita makan Lakso, tidak lengkap rasanya tidak mencoba burgo, karena keduanya hampir sama, bedanya burgo berbentuk gulungan, dan kuahnya sedikit lebih putih, soal rasanya jangan ditanya, ini adalah salah satu makanan favorit yang ada di Kota Palembang.

7. Celipungan Palembang

Celimpungan mungkin salah satu makanan yang serupa dengan laksan, namun ukuran dan bentuk sedikit berbeda, bahan utamanya tetap menggunakan ikan sagu dan gandum, biasanya celimpunagan banyak dijual diwarung-warng pempek yang ada di Palembang.

8. Kerupuk Palembang

Kerupuk Palembang adalah salah satu makanan yang paling banyak disukai warga luar Palembang, tentu juga sangat diminati oleh warga Palembang, kerupuk ini adalah salah satu menu utama yang cocok dimakan untuk apa saja, gurih dan nikmatnya, terutama yang memiliki rasa ikan asli membuat kerupuk menjadi salah satu andalan jika kita makan.

9. Kemplang Palembang

Selain kerupuk, kemplang juga menjadi pilihan utama sebagai tamabahan untuk menikmati makanan, kempelang sebenarnnya sebelum digoreng berbentuk pempek yang di iris lalu dijemur hingga kering, rasa kempelang palembang tentu tidak diragukan lagi, bagi anda yang tau rasanya kempelang tentu tau betapa enaknya makanan ini, selain itu, gurihnya juga membuat kita menjadi ketagihan.

10. Otak-otak Palembang

Otak-otak memang sering terdengar, tidak hanya di Palembang, namun bedanya, otak-otak asli Palembang memiliki rasa yang sangat berbeda, selain dengan pilihan ikan, adonan dan proses pemanggangan yang alami membuat otak-otak ini menjadi lebih kaya rasa dan nikmat, anda bisa mencobannya jika sedang di Palembang.

10 Jenis Pempek Khas Palembang

1. Pempek Kapal Selam

Pempek sebesar kepalan tangan orang dewasa ini berisi 1 butir telur utuh ayam atau bebek. Adonan dasar sama dengan pempek lenjer, dibentuk cekung sehingga ketika telur dipecahkan, semua isi telur dapat masuk ke dalam adonan pempek dan-ditutup lagi agar tidak bocor. Nama kapal selam karena ketika memasukkan pempek ke dalam panci berisi air. Pempek tenggelam di dasar panci. Saat pempek sudah matang akan naik ke atas permukaan air dan mengapung. Kata orang Palembang seperti kapal selam, bisa tenggelam dan mengapung.

2. Pempek Lenjer

Disebut pempek lenjer karena dibuat lonjong memanjang seperti silinder (lenjeran, Bahasa Palembang). Panjangnya sekitar 15 cm dengan diameter 4 cm. Bisa dibilang ”Ibu dari pempek” karena dari pempek lenier dapat dibuat berbagai jenis pempek lain. Adonan pempek lenjer merupakan adonan dasar pempek. Pempek lenjer dipotong kecil, ditambah telur dan diwadahi daun pisang maka menjadi pempek lenggang. Pempek lenjer diiris memanjang ditambah kuah santan menjadi celimpungan. Pempek lenjer dipotong lalu diberi mi jadilah rujak mi.

3. Pempek Keriting

Bentuknya seperti bola mi keriting. Pembuatannya paling sulit karena harus dipirik menggunakan alat pirikan. Adonan pempek keriting ditimbang terlebih dahulu, kemudian ditekan menggunakan pirikan untuk mengeluarkan bahan yang menjadi lingkaran kecil berukuran panjang.

4. Pempek Pistel

Pempek pistel mirip kue pastel. Isinya tumisan pepaya muda dan ebi yang dimasak dengan santan, bawang merah, bawang putih, merica, dan garam. Menyantapnya bisa direbus atau digoreng. Karena berbahan isi sayuran, pempek pistel tidak bertahan lama.

5. Pempek Adaan

Disebut juga pempek bulat. Pempek ini langsung digoreng tanpa harus direbus terlebih dahulu. Adonannya ditambah santan dan bawang, sehingga rasanya gurihdan wangi.

6. Pempek Tahu

Merupakan hasil perpaduan pempek dan tahu. Namun tahu bukan sebagai isian, tahu diletakkan sebagai pembungkus pempek, yang kemudian digoreng.

7. Pempek Kulit

Pempek kulit terbuat dari kulit ikan, sisa-sisa ikan yang dagingnya telah dibuat pempek jenis lainnya. Meski berasal dari bagian ikan yang tidak berguna, rasanya tidak kalah nikmat dengan pempek lain. Sebelum dicampurkan ke dalam adonan, kulit ikan dihancurkan baru kemudian adonan ditambahkan telur agar lebih lembut.

8. Pempek Panggang

Yaitu pempek yang usai dibentuk bulat, langsung dipanggang. Jika sudah masak, maka pempek dibelah dan diisi ebi, kecap manis, dan cabai rawit yang ditumbuk. Biasanya pempek ini menjadi ukuran pintar tidaknya seseorang membuat pempek. Karena dengan adonan tidak tersentuh minyak, maka kita bisa merasakan pempek itu amis ikan atau tidak. Jika amis, bisa dipastikan ada kesalahan dalam pembuatannya.

9. Pempek Lenggang

Merupakan pempek yang dicampur telur bebek yang kemudian diletakkan di daun pisang yang sudah dibentuk persegi empat berbentuk kotak, prosesnya memasaknya dibakar.

10. Pempek Telur

Pempek Terlut merupakan pempek yang didalamnya bersisikan telur, ukurannya kecil namun citarasa pempek telur sangatlah mengguggah selera, dan menjadi salah satu jenis pempek favorit yang paling banyak diminati.

OBJEK WISATA PALEMBANG

Palembang juga dikenal sebagai kota wisata, banyak sekali objek wisata yang ada dikota Palembang.

Objek Wisata Religi Palembang

Jembatan Ampera

Jembatan Ampera sebagai icon Kota Palembang atau Land Mark Kota Palembang tentu menjadi salah satu tempat yang paling wajib anda kunjungi selain banyaknya sejarah, Jembatan Ampera sangat indah pada malam hari anda akan melihat khiasa lampu berwarna-warni.

Dikenal sebagai kota Pempek dan pusat kerajaan Sriwijaya Kota Palembang juga identik dengan tempat wisatanya, setelah nama Palembang dikenal oleh Mancanegara dengan diadakannya Asean Games 2018, Pemerintahan Kota Palembang juga sudah menyiapkan berbagai Tempat Wisata bagi pada pengujung lokal maupun dari luar kota bahkan luar Negeri, apa saja 10 Tempat Wisata yang ada di Kota Palembang yang wajib untuk Anda Kunjungi ?

13 Objek Wisata Palembang yang paling banyak dikunjungi

Jembatan Ampera

Jembatan Ampera sebagai icon Kota Palembang atau Land Mark Kota Palembang tentu menjadi salah satu tempat yang paling wajib anda kunjungi selain banyaknya sejarah, Jembatan Ampera sangat indah pada malam hari anda akan melihat khiasa lampu berwarna-warni.

Benteng Kuto Besak Palembang

Tidak jauh dari Jembatan Ampera anda dapat melihat Benteng Kuto besak Palembang, salah satu pelatan yang ada disungai Musi, hal lain yang menarik adalah kita dapat melihat patung ikan Belido yang merupakan salah satu icon yang ada di Kota Palembang, di BKB anda juga dapat menikmati makanan dipinggiran sungai musi.

Monpera Palembang

Dikomplek yang sama dan tidak berjauhan dengan Benteng kuto Besak anda juga dapat melihat Monpera salah satu museum untuk mengenang Pahlawan di Kota Palembang ketika menghadapi belanda pada perang 5 hari 5 malam.

Museum Balaputera Dewa Palembang

Museum BalaPutera Dewa adalah salah satu Museum peninggalan Kloni Belanda pada zama dulu, bangunan kokoh dengan arsitektur khas Eropa itu memang menyimpan banyak sejarah, terlihat dibagian dalam anda dapat melihat banyak sekali pelajaran sejarah Kota Palembang yang bisa kita pelajari.

Bukit Siguntang Palembang

Bukit Siguntang adalah asal usul adanya Kerajaan Sriwijaya dan kota Palembang, tidak banyak yang tau bahwa bukit siguntang memiliki peranan penting dalam peradaban Kota Palembang dan Kerajaan Sriwijaya, kita dapat melihat banyak sekali Arca peninggalan kerajaan Sriwijaya yang dilestarikan hingga saat ini.

Pulau Kemaro (Pulau Penuh Cinta)

Pulau Kemaro dalah salah satu pulau yang terhampar disungai musi terletak dikawasan kalidoni Palembang, terdapat pagoda dan kelenteng diPulau Kemaro, jika anda ingin berkunjung kesana sekaligus menikmati sungai Musi, anda dapat menggunakan perahu getek yang dapat kita pesan di dermaga Benteng Kuto Besak.

Punti Kayu Palembang

Punti Kayu adalah sebuah hutan ditengah Kota Palembang, Punti Kayu adalah lahan konservasi sejak tahun 1937, Hutan ini pada masa pemerintahan belanda di beri nama Erpacth Punti Register dengan total luas Hutan 98 ha, dahulunya nama Punti Kayu lebih dikenal dengan sebutan Taman Sari dan juga taman Syailendra.

Rumah Limas Adat Palembang

Rumah Limas atau rumah Bali merupakan salah satu peninggalan budaya dari Kerajaan Sriwijaya yang dulunya dimiliki oleh Kesultanan Palembang, Kerennya lagi rumah ini adalah rumah yang ada pada uang pecahan 10.000 pada beberapa tahun silam.

Masjid Sultan Mahmud Badaruddin 2 (Masjid Agung) Palembang

Jika berkunjung ke Palembang dan ingin menyempatkan beribadah anda dapat memilih masjid Sultan Mahmud Badaruddin 2, selain tempatnya yang strategis, Masjid ini juga penuh sejarah dan memiliki Arsitektur yang menawan campuran dari gaya Arsitektur China, Eropa dan Indonesia.

Kambang Iwak Park

Kambang Iwak Palembang adalah salah satu danau yang berada di Kota Palembang, sekaligus dijadikan tempat jogging setiap hari, biasanya akan ramai setiap akhir pekan, karena selain adanya fasilitas lari, tersedia banyak sekali makanan dan angkiran disekitar Kambang Iwak.

Masjid Cheng Ho Palembang

Masjid Cheng Ho punya desain arsitektur yang unik, yang memadukan unsur-unsur budaya lokal Palembang dengan nuansa Cina dan Arab. Masjid yang dibangun di atas tanah 5.000 meter persegi ini berada di sebuah kompleks perumahan kelas menengah. Menara di kedua sisi masjid meniru klenteng-klenteng di Cina, dicat warna merah dan hijau giok.

Masjid Suro Palembang

Jika anda pecinta wisata Religi, ini salah satu tempat yang wajib anda kunjungi Masjid Suro, masjid yang sangat bersejarah di Kota Palembang, masjid yang berusia lebih dari 1 abad dan kaya akan cerita sejarah dimasa para ulama menyebarkan ajaran Islam dan berjuang mengusir penjajah dari bumi Sriwijaya.

Stadion Gelora Sriwijaya

Sebagai Kompleks Olahraga Terbesar di Asia, Gelora Sriwijaya memang sangat ramai dikunjungi warga lokal dan dari luar daerah, terdapat danau besar dan suasana komplek yang hijau serta terdapat berbagai stadion yang memiliki desain sangat menarik.

Dengan Informasi ini semoga Liburan Anda Menyenangkan.

Jika anda cukup lama tinggal dikota Palembang, anda juga dapat menyempatkan diri untuk berwisata ke beberapa Kabupaten di Sumatera Selatan, banyak sekali Objek Wisata lain seperti Pagaralam, Air Terjun, Gunung Dempo, Goa dan berbagai objek wisata lainnya.

MALL DI PALEMBANG

Internasional Plaza (IP) – Salah satu Mall tertua di Palembang, Interntional Plaza atau yang biasa disebut (IP) juga tetap eksis dengan konsep digital, dimana diarea bawah terdapat store SmartPhone, dibagian atas tetap ada zona bermain dan Bioskop dengan tarif yang relatif murah, secara keseluruhan tidak ada perubahan yang signifikan setiap tahunnya.

Palembang Indah Mall (PIM) adalah anak perusahaan dari THAMRIN Group, Grup Perusahaan Terbesar di Sumatera Selatan, PIM adalah salah satu Mall yang terletak dipusat Kota Palembang.

Palembang Square (PS Mall) memiliki sedikit keunikan, selain hanya memiliki 4 Lantai, namun area PS terbilang sangat luas cocok sekali jika PS Mall dijadikan salah satu tempat berbelanja keluarga karena terdapat beberapa store yang menyediakan perlengkapan rumah tangga yang lengkap, dilantai bawah juga tersedia zona bermain anak, PS Mall juga langsung tersambung dengan PSX yang menyediakan berbagai kebutuhan keluarga, seperti pakaian dan perlengkapan rumah lainnya.

PTC Mall  salah satu Mall yang sedikit jauh dari semua Mall yang ada, hampir sama dengan PS Mall, konsep yang disajikan juga untuk semua kalangan, baik anak-anak dan orang tua, terdapat food court untuk area makan yang disertai Playground bermain anak, beberapa tahun terakhir PTC juga sudah menyediakan Bioskop.

Palembang Icon (PI) – Palembang Icon juga menjadi salah satu daya tarik tersendiri, selain produk yang terkenal branded, PI juga menyediakan fasilitas lainnya seperti gedung, PSCC, terdapat danau kecil yang bersebelahan dengan zona makan, selain unik secara desainnya yang melengkung, PI juga menjadi salah satu pilihan untuk anda berbelanja atau sekedar refreshing.

TransMart Palembang – Transmart yang terkenal dengan Trans Studio memang sangat menonjolkan konsep berbeda dengan Mall lainnya, selain terdapat Zona Bermain anak, adanya kereta roller coaster mini, membuat Transmart memiliki karakter Mall tersendiri, perpaduan antara tempat bermain dan berbelanja.

Opi Mall Palembang – Sebagai salah satu mall yang menyediakan yang terletak di Jakabaring, Opi Mall juga memang memiliki keunikan selain terkenal sebagai Mall, terletak juga zona bermain, waterboom dikomplek Opi Mall sebagai tempat hiburan keluarga.

Lippo Plaza – Lippo Plaza salah satu Mall berlantai satu yang terbilang sangat strategis, diposisi lingkaran pusat Olahraga Sport City Palembang, Lippo Plaza memiliki ciri khas food court yang sangat banyak.

CGV Cinemas Social Market – (pudate)

MASJID DI PALEMBANG