Selasa, 23 Februari, 2021

Ingat! Jalan Menuju Wisata Gunung Dempo Pagaralam rusak dan Rawan Longsor, Sebaiknya Lebih Waspada

Provinsi Sumsel memiliki sejumlah destinasi alam yang menarik untuk di kunjungi dan keindahanya tidak kalah beda dengan daerah lainya seperti ada pemandangan danau , pengunungan, dan air terjun.

Salah satu wisata yang paling terkenal dan terhits di Sumsel adalah objek wisata alam di kawasan Gunung Demo kota Pagaralam, Sumatera Selatan.

Terbukti setiap akhir tahun kawasan ini selalu ramai kunjungan para wisatawan lokal ataupun luar kota Pagaralam yang ingin mengisi hari liburnya bersama orang tercinta.

Walaupun harus menempuh perjalanan yang cukup jauh untuk sampai ke tempat tersebut, namun hal itu tidak mengurungkan niat para wisatawan yang datang lantaran terpesona melihat pemandangan alam dan menghilangkan sejenak jenuhnya kehidupan perkotaan.

Namun sangat disayangkan, sekarang ini ada beberapa titik akses menuju objek wisata terbesar Kota Pagaralam tersebut, kondisinya cukup mengkhawatirkan. Sebab terdapat sebagian jalan sudah mengalami kerusakan dan berlubang. Bahkan juga ada beberapa titik yang rawan longsor.

Berdasarkan pantauan tim dipalembang, ada beberapa area yang memang di bilang membahayakan bagi wisatawan yang melewatinya. Pasalnya situasi tebing di bawah jalan nampak sudah ada longsor bahkan hampir memakan ruas jalan.

Salah titik rawan longsor itu terletak di kawasan Simpang Tiga menuju Kampung IV Gunung Dempo. Ada beberapa titik yang longsor dan hampir membuat jalan menjadi amblas.

Dedi (29), salah satu pengunjung lokal kota Pagaralam mengungkapkan terdapat beberapa titik jalur menuju ke Gunung Dempo yang rusak hingga berlubang.

“Ada beberapa titik yang rusaknya begitu parah Pak. Bahkan ada jalan yang tepat berada di tikungan tajam juga rusak. Akibatnya banyak mobil yang nyangkut saat berlintasan,” ujarnya.


Belum lagi ditambah kondisi jalan yang tidak luas alias sempit, lantaran di dua sisi jalan menurun membuat aspal menjadi lebih tinggi dari tanah yang ada di dua sisi jalan.

“Jika tidak hati-hati saat berjumpa dengan transportasi lain, maka kendaraan mobil kita bisa tersudut ke sisi jalan yang membuat mobil kita nyangkut apalagi jika mobilnya terlalu ceper,” ungkapnya.

Menanggapi laporan permasalahan ini,selaku Kepala Dinas PU Kota Pagaralam, Parliansyah melalui Kabid Bina Marga, H Ardiansyah menjelaskan, pihaknya akan berupaya melakukan pemeriksaan keadaan jalan di sepanjang jalur di kawasan Gunung Dempo.

“Kemarin kita sudah melakukan pembangunan jalur menuju Kampung IV. Namun saat ini kita akan mengecek jalur yang ada jika memang ada yang rusak maka akan kita sarankan untuk segera mengambil tindakan perbaikan. Dan jika ada yang longsor maka akan kita laporkan dengan pihak BPBD Kota Pagaralam, Sumatera Selatan,” tutupnya.

REKOMENDASI

Ingin Liburan ke Pagaralam? Lebih Hati-Hati Saat ...

dipalembang.com - Sebentar lagi kita akan memasuki Tahun Baru 2021 dan tahun ini...

Objek Wisata Air Terjun Tujuh Tingkat Curup Buluh Lahat,...

Air Terjun Curup Buluh Lahat Air Terjun Curup Buluh merupakan salah satu objek wisata...

Legenda Pulau Kemaro Palembang – Kisah Cinta Siti Fatimah

Pulau Kemaro Palembang adalah pulau yang berada dipinggiran sungai Musi, banyak sejarah yang...

TERKAIT

Lagi Viral Dimedsos, Diprotes Kurang Bayar Uang Belanja Pria...

Lagi Viral di sosial media (medsos) Instagram, seorang pria Palembang nekad atau berani...

Akibat Melawan Saat Ditangkap, Satu Dari Lima Pencuri Baterai...

Satu tersangka bernama junaidi (40), seorang warga Talang Darat, RT 01/ RW 02,...

Masa Pandemi, Pemkot Palembang Optimalkan Penanganan Covid-19 Demi Kebaikan...

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang Ratu Dewa telah mengikuti kegiatan rapat Kerja Nasional...

Fokus di Akademi Sepak Bola, Akhirnya Tim SFC Tunjuk...

Dikabarkan pemain bertahan tim Sriwijaya FC Ambrizal memiliki peluang emas menjadi Direktur Teknik...

Bukan Hanya Gramedia, di Palembang Juga Terdapat Beberapa Toko...

Perempuan yang sedang asyik membaca buku dipalembang.com - Pepatah lama mengatakan buku adalah jendela...

Dinas Kesehatan Sumsel Terima 29.840 Vaksin Sinovac Tahap Dua

dipalembang.com - Vaksin Sinovac tahap dua sudah tiba di palembang, senin malam. Vaksin...