Sabtu, 25 September, 2021

Sejarah Gua Jepang di Palembang

Jasa Pembuatan Website Palembang

Gua Jepang di Palembang merupakan bunker peninggalan pada zaman penjajahan jepang pada masa itu, sayangnya tempat ini tidak terawat dan banyak sekali sampah, padahal banyak wisatawan ingin sekali melihat bukti sejarah ini, bentuk Gua yang berupa bunker peninggalan penjajahan Jepang menurut sejarahnya Gua ini dapat tembus ke Sungai Musi Palembang.

Gua Jepang yang berlokasi di daerah KM 5 tepatnya di belakang pasar tradisional KM 5, jalan AKBP Haji Umar Kelurahan Kemuning. bangunan masih sangat kokoh hingga sekarang, banyak warga sekitar yang secara bergotong-royong membersihkan tempat ini, karena kurangnnya sosialisasi tentang Gua Jepang ini bahkan banyak yang belum belum tahu di mana dan seperti apa kondisi bunker tersebut.

Padahal bunker itu ada di pusat keramaian, sentra aktivitas masyarakat Palembang. Bunker Jepang ini terlihat mencolok di tengah permukiman penduduk yang sudah padat dan memang sengaja tidak dirobohkan sebagai bagian dari cagar budaya di Kota Palembang.

Menurut Sejarawan Sumatera Selatan di Kota Palembang memang banyak bunker buatan Jepang. Jumlahnya mencapai belasan dan tersebar dipenjuru Kota Palembang. “Bunker-bunker itu adalah instalasi militer yang berfungsi tempat perlindungan bagi militer Jepang dan menjadi simbol pertahanan.

Saat masuk melalui mulut goa dengan tinggi sekitar 2,5 meter itu, dinding bangunan itu terlihat cukup kokoh. Hal ini terlihat dari desain Bunker dengan tembok yang begitu tebal, bahkan ketebalan tinggi bisa mencapai 30 s.d 50 cm meter dengan pondasi yang begitu tinggi, sehingga memang sulit untuk membongkar bunker ini, bahkan Gua jepang hingga hari ini tetap terlihat sangat kokoh walapun dimakan masa dan banyak tenaman liar disekitarnya.

Palembang memang salah satu kota pertama yang diduduki Jepang ketika datang di Hindia Belanda. Bumi Sriwijaya ini diduduki setelah Jepang menguasai Tarakan dan Balikpapan pada tanggal 10 Januari 1942 yang terkenal sebagai daerah pertambangan minyak di Pulau Kalimantan.

Tampak Bunker Gua Jepang
Areal Lokasi Pintu Masuk Gua Jepang tertutupi Rumput
Pintu Masuk Gua Jepang

REKOMENDASI

TERKAIT

4 Museum yang Ada di Palembang – Berikut Ulasannya

Adanya museum merupakan sebuah gambaran banyaknya sejarah yang terdapat di Provinsi Sumatera Selatan...

Museum Balaputra Dewa: Berikut Daftar Arca Didalamnya

Museum Balaputra Dewa yang berada di Palembang, Museum ini menyimpan berbagai benda-benda bersejarah...

Pohon Cinta Pulau Kemaro, Mitos yang Banyak Dipercaya

Pohon Cinta Pulau Kemaro merupakan salah satu Pohon yang berada di Pulau Kemaro,...

Peninggalan Palembang di Museum Sultan Mahmud Badaruddin 2

Museum Sultan Mahmud Badaruddin 2 Palembang Menjadi ruang sejarah yang dapat kita lihat...

Mengenal Tugu Parameswara Jakabaring Palembang

Jika Berkunjung ke Kota Palembang dan menuju Kompleks Olahraga Jakabaring Sport City Anda...

Melihat Sejarah Kampung Kapitan Palembang

Kampung Kapitan Merupakan kawasan permukiman yang didirikan tahun 1644 oleh seorang kapiten, terdapat...
- Advertisement -eyJwaG9uZSI6Ikphc2EgUGVtYnVhdGFuIFdlYnNpdGUgUGFsZW1iYW5nIn0=