Kamis, 16 September, 2021

Berburu Harta Karun di Sungai Musi

Jasa Pembuatan Website Palembang
Jembatan Ampera Sore Hari
Jembatan Ampera Sore Hari
Harta Karun Sungai Musi selain menjadi bukti sejarah juga menjadi Sumber Kehidupan Para penyelam.

Kota Palembang menjadi saksi sejarah keberadaan Kerajaan Sriwijaya. Kerajaan maritim yang kuat dan berjaya Pada Masanya. Sungai musi merupakan salah satu jalur transportasi dan perdagangan yang sering digunakan pada masa itu. Faktanya ini terbukti dari banyaknya benda bersejarah yang terdapat di dasar sungai.

Menurut Sejarawan Kota Palembang, jika berbicara semua peninggalan masa lalu yang ditemukan di Sungai Musi. Maka akan mewakili setiap peradaban yang ada pada masa lalu, seperti paska Kerajaan Sriwijaya, masa kolonial termasuk masa kesultanan.

Ini dapat dilihat dari simbol, corak, warna dan jenis bendanya sendiri. Para penyelam biasanya mulai beraktivitas dari pagi hari hingga menjelang malam, bermodalkan perahu ketek. Mereka menyusuri setiap lokasi yang diyakini memiliki barang peninggalan di dasarnya. Biasanya hasil temuan ini berbentuk barang seperti piring, mangkuk, guci, fosil, perhiasan, koin emas, batangan emas.

Biasanya hasil temuan barang dijual ke kawasan Pasar Cinde Palembang dan para kolektor benda antik. Banyak juga masyarakat yang gemar mengoleksi berbagai benda bersejarah hasil pemburuan Harta Karun. Menurut kolektor barang antik ini, benda-benda yang ditemukan merupakan peninggalan beberapa peradaban, tidak hanya peninggalan Kerajaan Sriwijaya saja.

Para Penyelaman yang berburu harta karun ini terbilang nekat. Hanya dengan menggunakan alat seadanya seperti selang dan kompresor untuk alat bantuan oksigen. Setiap kali penyelaman biasanya bisa satu sampai dua jam sebelum kembali ke permukaan.

Kedalaman dasar sungai bisa mencapai 15 sampai dengan 30 Meter. Walaupun tidak dapat memastikan ha namun ketika dapat satu benda saja. Hasilnya bisa tergolong tinggi, terlebih jika jika terbukti kevalidan dan nilai historisnya. Sungai Musi diyakini memiliki banyak harta karun yang belum terungkap.

Temuan Harta Karun Arca Emas Seharga 4 Milyar

Palembang dihebohkan ketika ditemukannya Patung Arca emas seberat 8 kg yang pada tahun 2009. Bahkan Harga Arca Terjual Rp 4 miliar. Sejak hebohnya informasi ini, semakin banyak juga masyarakat yang berprofesi sebagai penyelam.

REKOMENDASI

TERKAIT

Kapal Jukung Warna-Warni Khas Palembang

Kapal Jukung Palembang merupakan kapal kayu yang menjadi ciri khas di sungai Musi...

Potret Kehidupan di Sungai Musi Palembang

Sungai musi Palembang memang menjadi sumber kehidupan yang sangat berperan penting bagi Masyarakat...

Pohon Cinta Pulau Kemaro, Mitos yang Banyak Dipercaya

Pohon Cinta Pulau Kemaro merupakan salah satu Pohon yang berada di Pulau Kemaro,...
- Advertisement -eyJwaG9uZSI6Ikphc2EgUGVtYnVhdGFuIFdlYnNpdGUgUGFsZW1iYW5nIn0=