9 Makanan Khas Palembang, Berikut Ulasannya

Makanan Khas Palembang

Makanan Khas Palembang memang sangat banyak, tidak hanya pempek yang sudah dikenal sejak dulu, ada beberapa makanan khas Palembang yang wajib untuk Anda coba. Berikut jenis dan ulasannya.

1. Pindang

Pindang Makanan Khas Palembang

Pindang merupakan salah satu makanan khas Palembang yang memiliki minat sangat tinggi, menu ini menjadi salah satu yang paling favorit di Kota Palembang. Pindang memiliki berbagai varian seperti pindang patin, pindang gabus, pindang baung dan pindang tulang. Menu berkuah ini sangat cocok dimakan dengan nasi hangat dengan sajian lalapan.

Pindang Khas Palembang ini sendiri memiliki beberapa citarasa tersendiri, seperti pindang khas meranjat dan pindang khas musi rawas, termasuk juga pindang asli Palembang.

2. Pempek Kapal Selam

Pempek Kapal Selam

Pempek Kapal Selam merupakan pempek berukuran besar yang berisikan telur, tentu sudah banyak orang yang tahu jenis makanan khas Palembang ini, Selain rasanya yang khas dan enak, pempek kapal selam juga menjadi salah satu pempek paling laris di Kota Palembang.

Menimkati pempek kapal selam tentu harus bersamaan dengan cuka yang enak, pepek kapal selam menjadi incaran utama pera pecinta kuliner yang datang ke kota Palembang.

3. Laksan

Laksan Makanan Khas Palembang

Laksan sebenarnya seperti pempek yang diberi kuah santan berwana merah begitu juga dengan rasanya yang khas pempek palembang. Laksan Berbeda dengan celimpungan salah satu makanan khas Palembang juga yang berwarna lebih kuning. Penyajian makanan ini juga sangat sederhana, biasanya hanya ditambahkan bawang goreng untuk menambahkan rasa gurihnya. Ada juga beberapa orang yang suka makannya dengan kerupuk atau kemplang khas Palembang.

Segi rasanya memang khas, perpaduan pempek lembut dan kuah pedasnya membuat rasanya begitu nikmat. Namun untuk rasa yang lebih nikmat pastikan bahan pempek untuk laksan ini menggunakan jenis ikan yang tepat, seperti ikan gabus. Sehingga Laksan ini memang benar-benar seperti citarasa makanan khas Palembang.

4. Brengkes Patin

Brengkes Patin

Brengkes Patin merupakan salah satu masakan khas Palembang yang berbahan utama ikan dan tempoyak. Selain Pindang Patin yang menjadi idola masyarakt Palembang, Brengkes Patin juga demikian, rasanya yang khas juga menambah kaya rasa masakan yang satu ini. Pengolahan brengkes tempoyak pertama-tama ikan patin dibersihkan bagian jeroan dan kepala. Pencucian harus dilakukan hingga bersih untuk menghilangkan darah dan lendir. Selain itu, untuk mengurai bau amis dan aroma tanah, ikan patin bisa juga direndam lebih dahulu dengan jeruk nipis.

Brengkes Banyak juga sering disebut dengan pepes ikan patin. Namun di Kota Palembang banyak orang lebih mengenalnya dengan sebutan brengkes. hampir disetiap warung makan menyediakan masakan ini. Brengkes patin ini paling enak disantap hangat dengan nasi putih.

5. Celimpungan

Celimpungan Makanan Khas Palembang

Celimpungan merupakan Makanan Khas Palembang berbahan sagu dan ikan, sering juga dipilih sebagai menu sarapan pagi dan sore hari. Makanan khas yang satu ini memang menjadi salah satu kuliner yang wajib kita coba, hidangan ini juga tidak jauh berbeda dengan Laksan, namun dari rasa memang terbilang sedikit berbeda. Kuah celimpungan lebih dominan berwarna kuning sedangkan laksan berwarna merah. Celimpungan ini terbuat dari tepung dan ikan tenggiri, ada juga yang menggunakan ikan gabus, Sekilas, celimpungan ini mirip dengan pempek hanya saja perbedaannya terlihat dari kuah santan dan tekstur pempeknya.

Memang rata-rata makanan khas dari Palembang berbahan tepung dan ikan, atau bahannya sama dengan pempek, namuan yang berbeda adalah kuah dan penyajiannya. Menu ini sudah menjadi jajanan setiap hari di Palembang, karena menjadi salah satu menu sarapan pagi yang sangat laris.

6. Pempek Lenggang

Pempek Lenggang

Pempek Lenggang salah satu makanan khas Palembang, buat Anda yang belum mencoba rasanya, sebaiknya cobain dulu rasa pempek yang satu ini, selain rasanya yang super enak, salah satu makanan yang paling disukai para pecinta Kuliner.

Pempek lenggang berbahan utama pempek lenjer atau pempek panjang yang dipotong-potong kecil berbentuk persegi empat, lalu diaduk dengan telur kemudian digoreng, cara memasaknya hampir sama dengan memasak telur dadar.

7. Lakso dan Burgo

Burgo

Mungkin Lakso dan burgo menjadi makanan yang hampir sama, seperti tahu dan tempe, namun dari segi rasa meskipun keduanya dibuat dari beras rasanya sangat berbeda terutama pada kuah. Jika Anda mencoba makan lakso dan burgo rasanya akan terasa lebih enak dengan tambahan sambal cabe merah, sehingga kuah santannya terasa semakin gurih dilidah.

Lakso dan Burgo memang menjadi salah satu makanan khas Palembang yang disajikan sebagai menu sarapan pagi. Hingga kini masih sangat banyak peminat dan penjual makanan khas Palembang ini.

8. Martabak HAR

Martabak HAR

Martabak HAR merupakan makanan khas Palembang yang berasal dari India, tempat ini selalu menjadi tempat yang banyak dikunjungi di Kota Palembang, nama HAR sendiri sebenarnya berasal dari nama pendirinya Haji Abdul Rozak, kemudian disingkat dengan sebutan HAR dan melekat hingga saat ini. Haji Abdul Rozak memiliki garis keturunan Arab dan dengan wanita asli Palembang.

Cita rasa martabak Har memang tidak dapat ditemukan ditempat lain, khas rasanya berbeda dengan martabak pada umumnya, Martabak HAR juga menyediakan beberapa menu lainnya seperti Nasi Briyani, Nasi Minyak, Kambing Guling.

9. Mie Celor

Mie Celor Palembang

Mie Celor H.M. Syafei Z 26 Ilir salah satu gerai mie celor yang terkenal di kota Palembang, yang mana mie celor adalah salah satu hidangan khas kota Palembang, selain pempek dan pindang ikan patin. Lokasinya berada dipasar 26 Ilir Palembang, sayangnya dilokasi ini agak sulit mencari lahan parkir. ketika menikmati mie celor ini menurut para pengunjung rasanya memang sangat enak dan memiliki cita rasa yang khas, tidak heran gerai ini sangat terkenal di kota Palembang

Advertisement

Apa Ini?