Kamis, 23 September, 2021

10 Jenis Pempek Palembang yang Wajib Anda Coba

Jasa Pembuatan Website Palembang

Pempek Kapal Selam

Pempek sebesar kepalan tangan orang dewasa ini berisi 1 butir telur utuh ayam atau bebek. Adonan dasar sama dengan pempek lenjer, dibentuk cekung sehingga ketika telur dipecahkan, semua isi telur dapat masuk ke dalam adonan pempek dan-ditutup lagi agar tidak bocor. Nama kapal selam karena ketika memasukkan pempek ke dalam panci berisi air. Pempek tenggelam di dasar panci. Saat pempek sudah matang akan naik ke atas permukaan air dan mengapung. Kata orang Palembang seperti kapal selam, bisa tenggelam dan mengapung.

Pempek Lenjer

Disebut pempek lenjer karena dibuat lonjong memanjang seperti silinder (lenjeran, Bahasa Palembang). Panjangnya sekitar 15 cm dengan diameter 4 cm. Bisa dibilang ”Ibu dari pempek” karena dari pempek lenier dapat dibuat berbagai jenis pempek lain. Adonan pempek lenjer merupakan adonan dasar pempek. Pempek lenjer dipotong kecil, ditambah telur dan diwadahi daun pisang maka menjadi pempek lenggang. Pempek lenjer diiris memanjang ditambah kuah santan menjadi celimpungan. Pempek lenjer dipotong lalu diberi mi jadilah rujak mi.

Pempek Keriting

Bentuknya seperti bola mi keriting. Pembuatannya paling sulit karena harus dipirik menggunakan alat pirikan. Adonan pempek keriting ditimbang terlebih dahulu, kemudian ditekan menggunakan pirikan untuk mengeluarkan bahan yang menjadi lingkaran kecil berukuran panjang.

Pempek Pistel

Pempek pistel mirip kue pastel. Isinya tumisan pepaya muda dan ebi yang dimasak dengan santan, bawang merah, bawang putih, merica, dan garam. Menyantapnya bisa direbus atau digoreng. Karena berbahan isi sayuran, pempek pistel tidak bertahan lama.

Pempek Adaan

Disebut juga pempek bulat. Pempek ini langsung digoreng tanpa harus direbus terlebih dahulu. Adonannya ditambah santan dan bawang, sehingga rasanya gurihdan wangi.

Pempek Tahu

Merupakan hasil perpaduan pempek dan tahu. Namun tahu bukan sebagai isian, tahu diletakkan sebagai pembungkus pempek, yang kemudian digoreng.

Pempek Kulit

Pempek kulit terbuat dari kulit ikan, sisa-sisa ikan yang dagingnya telah dibuat pempek jenis lainnya. Meski berasal dari bagian ikan yang tidak berguna, rasanya tidak kalah nikmat dengan pempek lain. Sebelum dicampurkan ke dalam adonan, kulit ikan dihancurkan baru kemudian adonan ditambahkan telur agar lebih lembut.

Pempek Panggang

Yaitu pempek yang usai dibentuk bulat, langsung dipanggang. Jika sudah masak, maka pempek dibelah dan diisi ebi, kecap manis, dan cabai rawit yang ditumbuk. Biasanya pempek ini menjadi ukuran pintar tidaknya seseorang membuat pempek. Karena dengan adonan tidak tersentuh minyak, maka kita bisa merasakan pempek itu amis ikan atau tidak. Jika amis, bisa dipastikan ada kesalahan dalam pembuatannya.

Pempek Lenggang

Merupakan pempek yang dicampur telur bebek yang kemudian diletakkan di daun pisang yang sudah dibentuk persegi empat berbentuk kotak, prosesnya memasaknya dibakar.

REKOMENDASI

Cara Membuat Pempek Palembang Asli – RESEP RAHASIA

Cara membuat Pempek Palembang tergolong mudah untuk diikuti selain sudah banyak tutorial yang...

TERKAIT

Menu Buka Pakai Bubur Mutiara, Rasanya Manis dan Khasiatnya...

Salah satu menu favorit untuk dijadikan buka puasa bersama keluarga tercinta yakni bubur...

Pecinta Kuliner Palembang, Inilah Rekomendasi Jajanan yang enak...

Biasanya perut kita merasa lapar saat hujan mulai turun dan udara menjadi dingin,...

Pempek Palembang

Pempek merupakan makanan khas yang paling dikenal di Palembang dan Sumatera Selatan. Pempek...

Resep Tekwan Palembang, Cara Membuat dan Bumbu Rahasia Tekwan

Resep tekwan Palembang memang banyak sekali dicari, wajar saja makanan enak satu ini...

Cara Membuat Pempek Palembang Asli – RESEP RAHASIA

Cara membuat Pempek Palembang tergolong mudah untuk diikuti selain sudah banyak tutorial yang...

Makanan Khas Palembang Model

Model merupakan salah satu makanan khas Palembang yang berbahan ikan dan sagu, Makanan...
- Advertisement -eyJwaG9uZSI6Ikphc2EgUGVtYnVhdGFuIFdlYnNpdGUgUGFsZW1iYW5nIn0=